Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, July 8, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Deretan Tipe Password yang Bakal Dicoba Pertama Kali oleh Hacker

Sumber foto: kompas

Topcareer.id – Ketika disuruh membuat sandi atau password, banyak dari kita yang lebih fokus merancang kombinasi huruf dan angka yang akan selalu kita ingat. Tips-tips yang beredar dalam membuat password pun, hindari yang umum dan mudah dipecahkan oleh peretas.

Menurut pakar teknologi Burton Kelso, sudah menjadi sifat manusia untuk jatuh ke dalam rutinitas pembuatan kata sandi yang dapat diprediksi.

“Kita cenderung membuat kata sandi berdasarkan hal-hal yang kita kenal seperti kata-kata umum, nama, dan lokasi. Lalu kami mencoba untuk membuat hal-hal rumit bagi seorang peretas dengan menambahkan huruf kapital, angka, atau karakter khusus,” kata Kelso, dikutip dari Reader’s Digest.

Baca juga: Password Wi-Fi Tetangga Bisa Ketahuan lewat Cara Ini

Agar tetap aman saat online, kamu perlu mengetahui beberapa rahasia yang tidak ingin diketahui oleh peretas, termasuk fakta bahwa mereka akan terlebih dahulu mencoba metode dan kata sandi umum ini untuk mendapatkan informasi pribadimu.

Kombinasi nomor urut

Menurut SplashData, yang merilis daftar 100 kata sandi terburuk tahun 2019, banyak dari 10 kata sandi teratas pada kenyataannya, termasuk kombinasi angka sederhana dari 1 hingga 10. Ini semua membuat daftar: 123456, 123456789, 1234567, 12345678, 12345, 111111, dan 123123.

“Qwerty”

SplashData juga mengungkapkan bahwa “qwerty” adalah kombinasi huruf yang paling populer untuk kata sandi. Namun, “qwerty1243” dan “qwertyuiop” juga berada di posisi 15 besar. Meskipun mungkin tampak acak bagimu, menjalankan jari-jari di sepanjang garis atas keyboard benar-benar dapat diprediksi oleh hacker.

Baca juga: 3 Mitos Password yang Kerap Dipakai, Tapi Ternyata Salah

“Password”

Coba untuk menghindari menggunakan kata “password” di kata sandimu. Meskipun kata itu sendiri adalah salah satu yang terburuk yang dapat kamu pilih, banyak konfigurasi kata lainnya dengan huruf dan angka juga ada dalam daftar masuk peretas.

Frasa umum

Cobalah untuk menghindari kata atau frasa umum. Misalnya, “iloveyou” masuk 10 besar, sementara “cantik,” “putri,” dan “naga” juga sangat populer. Peretas juga akan mencoba kata-kata umum dengan semua pergantian umum, menurut Kelso, seperti Januari, January, atau Oktober, oktober, dan 0ct0ber.

Nama hewan peliharaan dan keluarga

Menurut Google, jangan pernah masukkan nama hewan peliharaan, anak, atau pasangan dalam kata sandimu. Jika seorang hacker mengetahui semua informasi pribadimu, mereka pasti akan memeriksa moniker orang yang kamu cintai untuk mencoba memecahkan kodemu.

Seorang peretas terkenal mempelajari ini dengan cara yang sulit setelah pihak berwenang memecahkan kodenya: Chewy123. Itu nama kucingnya, diikuti oleh nomor urut.

Tanggal yang signifikan

Ulang tahunmu, tanggal anniversary jadian atau pernikahan, atau ulang tahun orang yang kamu cintai sepertinya merupakan pilihan kata sandi yang jelas bagimi. Bagaimanapun, kamu tidak akan pernah melupakannya. Tetapi karena masuk akal bagimu, peretas juga akan dapat mengetahuinya dengan mudah jika mereka memiliki akses ke informasi pribadimu, menurut Google.

Mereka akan membuat bot

Jika mereka telah melewati semua sumber dayanya, peretas memiliki satu alat terakhir untuk memecahkan kodemu: Mereka dapat membuat bot yang akan mencoba setiap kombinasi yang memungkinkan.

“Perlu diingat, komputer modern dapat membuat tebakan kata sandi dari 10.000 hingga lebih dari satu miliar tebakan per detik,” jelas Kelso. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply