Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cegah Corona: Ini Cara Batuk dan Bersin yang Benar

Ilustrasi. (dok. Twitter)

Topcareer.id – Meluasnya virus corona yang kini sudah masuk ke Indonesia tidak bisa lagi dianggap sepele. Setiap orang sudah harus mulai peduli pada upaya menjaga kesehatan.

Hal paling sederhana bisa dilakukan dengan etika batuk dan bersin yang benar. Etiket ini mengacu pada praktik kebersihan sederhana yang dapat dilakukan setiap orang untuk mencegah penularan virus ke orang lain.

Mengutip Healthengine.com.au, Selasa (3/3/2020), sangat penting bagi orang yang sedang terjangkit sakit flu atau batuk untuk melakukan etiket sederhana ini.

Sekalipun kondisi tubuh sedang sehat, tetap penting untuk berlatih etiket batuk dan bersin yang tepat. Karena ketika seseorang batuk atau bersin, mereka akan melepaskan tetesan dari pernapasannya. Tetesan ini mengandung partikel virus dapat menyebabkan infeksi dan menular jika memasuki saluran pernapasan orang lain.

Baca juga: 6 Gerakan Tubuh Selama 15 Menit untuk Postur Tubuh Lebih Baik

Jika orang lain menyentuh permukaan yang terkontaminasi, partikel virus dapat ditransfer ke tangan mereka. Inilah cara virus menular kepada orang lain selain melalui udara.

Etiket batuk dan bersin yang baik bisa dilakukan dengan mengambil langkah-langkah sederhana seperti berikut ini:

Tutupi batuk dan bersin
Tutupi mulut dan hidung setiap kali batuk atau bersin. Gunakan tisu sekali pakai untuk menutup mulut atau hidung jika memungkinkan.

Batuk atau bersin pada lengan
Jika tidak ada sesuatu yang bisa menyelimuti batuk atau bersin, maka lepaskan batuk atau bersin pada lengan atas. Ini mencegah tangan terkontaminasi virus flu atau flu.

Buang atau bersihkan produk yang terkontaminasi segera
Buang tisu sekali pakai segera setelah batuk atau bersin. Pastikan tempat sampah tersedia, jika tidak ada, gunakan kantong plastik untuk menyimpan bekas tisu yang terkontaminasi sampai tempat sampah tersedia.

Baca juga: Cara Bandara di Indonesia dan Negara Lain Hentikan Penyebaran Virus Corona

Pastikan tangan dibersihkan
Setelah batuk dan bersin cuci tangan dengan sabun dan air selama minimal 15-20 detik setiap kali tangan terpapar batuk atau bersin. Gunakan produk pembersih tangan berbasis alkohol ≥ 60%. Ini efektif menghilangkan virus batuk dan flu dari tangan yang terkontaminasi.

Hindari menyentuh wajah
Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang terkontaminasi. Menyentuh wajah memungkinkan virus flu dan batuk masuk ke selaput lendir hidung dan mata.

Hindari kontak dekat dengan orang lain
Jauhi pekerjaan, sekolah, dan tempat-tempat sibuk lainnya sebanyak mungkin ketika sedang menderita penyakit yang menyebabkan batuk dan bersin. Jika perlu pergi bekerja, hindari kontak dekat dengan orang lain, misalnya dengan tidak berjabat tangan dan berdiri setidaknya satu meter jauhnya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply