Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, July 12, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari RumahLifestyle

Bila Wabah Corona Mengharuskanmu Kerja di Rumah

Ilustrasi. (dok. Evening Standard)

Topcareer.id – Virus corona sudah tiba Indonesia. Memang, baru dua orang dinyatakan positif mengidapnya. Namun, bukan berarti perang melawan virus itu sudah kita menangkan. Di belahan dunia lain, corona kian mewabah. Yang tentu saja bikin kita khawatir: bagaimana bisa bekerja dengan nyaman dan produktif bila penyebaran virus tak kunjung berhenti. Salah satu solusi: kerja dari rumah atau menjadi remote worker.

Bagi yang biasa kerja dengan jam sudah ditentukan dari pukul 8 pagi sampai 5 sore dengan satu jam istirahat, mengubah rutinitas itu bukan hal mudah.

Baca juga: Apa Kantor Kamu Siap Hadapi Virus Corona?

Ada beberapa hal yang harus kamu siapkan bila kantor mengharuskan kamu bekerja dari rumah. Berikut beberapa tipsnya yang kami salin dari laman CNN.

Mulai siapkan segalanya dari sekarang

Sebelum kantor memutuskan kalau kamu harus mulai bekerja dari rumah untuk menghindari wabah virus, kamu sudah harus menyiapkan banyak hal. Siapkan informasi, software, berkas atau dokumen lain yang akan membantumu tetap produktif.

Copy nomor-nomor telepon dan informasi penting lainnya yang terkait dengan pekerjaanmu.

Buat ruang kerja …dan batasannya

Sebuah meja di dapur bisa jadi ruang kerja. Begitu juga sofa; atau bahkan kasur di kamar tidur kamu. Yang harus dicamkan, bekerja dari rumah membuat batasan antara pekerjaan dan kehidupan personal jadi kabur. Maka, penting bagi kamu untuk membuat batasan.

“Secara teknis, apapun dan di manapun yang permukaannya datar dan ada koneksi internet bisa jadi tempat kerja. Namun, coba buat tempat itu bebas dari gangguan agar bekrja tetap produktif,” kata Sara Sutton, CEO dan pendiri FlexJobs.

Untuk menghindari bekerja 12 jam sehari, pastikan kamu punya cara untuk memberitahu batasan waktu kerja. Jauhi laptop bila tak bekerja dan jangan urusi pekerjaan kantor bila sudah waktunya berhenti kerja.

Komunikasikan dengan jelas

Buat rencana tugas dan agenda harian yang jelas untuk tim maupun diri sendiri. Informasikan secara berkala pada anggota tim yang lain agar semua tahu sudah sampai tahap mana proyek yang sedang kamu kerjakan.

Informasikan jadwal dan tenggat

Bila sekolah-sekolah juga ditutup, anak-anak bakal ada di rumah. Suasana seperti kantor tak mungkin terjadi. Maka, penting bagi kamu menginformasikan kapan bisa dihubungi atau mulai fokus bekerja, serta tentukan deadline atau tenggat pekerjaan yang harus dipenuhi.

Bersiap untuk remote meeting

Meeting atau rapat dengan anggota tim di rumah masing-masing butuh persiapan khusus. Sebelum meeting, infokan agenda apa yang akan dibahas pada anggota tim. Tentukan juga aturan meeting, siapa yang daoat giliran bicara dan moderasi dengan baik. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply