Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Hal Penyebab Gagal Autentik saat Wawancara Kerja

Ilustrasi interview kedua.Dok. ICMA

Topcareer.id – Gugup selalu menghampiri terkait interview kerja. Banyak dari kita yang antusias tapi jatuhnya terlihat terlalu bersemangat, atau berusaha tampil dengan percaya diri tapi malah terkesan sombong.

Seperti dalam laman Fairygood Boss, berikut enam hal yang mungkin kamu temui dan sering dilakukan saat interview kerja, yang membuatmu tidak autentik.

Kamu tidak sepenuhnya memahami apa yang dilakukan perusahaan

Kamu harus selalu melakukan riset tentang perusahaan yang kamu lamar. Jika kamu pergi ke “wawancara buta”, kamu hampir pasti tampak benar-benar tidak peduli tentang perusahaan untuk melakukan pekerjaan sendiri. Mengajukan pertanyaan yang jelas tentang apa yang dilakukan perusahaan dan siapa pesaing perusahaan akan menjadi akhir yang pahit.

Kamu tertarik pada sembarang pekerjaan

Jika kamu pergi wawancara kerja, manajer perekrutan ingin tahu bahwa kamu tertarik pada pekerjaan yang kamu wawancarai.

Meskipun kamu mungkin terbuka untuk peluang lain di perusahaan karena benar-benar mengagumi perusahaan itu, mungkin, penting untuk mengekspresikan minat yang paling dalam terhadap pekerjaan yang ada. Jika tidak, kamu mungkin tampak tidak autentik karena kamu hanya ingin mengambil pekerjaan apa pun.

Lebih peduli dengan gaji daripada apa pun

Ya, gaji itu penting. Sangat wajar saat kamu khawatir tentang uang yang akan kamu hasilkan, Tapi uang bukan segalanya. Dan, jika kamu menghabiskan sebagian besar waktu dalam wawancara dengan fokus pada gaji, pewawancara mungkin menganggap kamu tidak peduli dengan faktor pekerjaan penting lainnya. Seperti tumbuh sebagai seorang profesional, menantang diri sendiri, berkolaborasi dengan tim dan banyak lagi.

Baca juga: Ungkapan yang Ampuh Diucapkan saat Wawancara Kerja

Tidak mengajukan pertanyaan apa pun kepada pewawancara

Di akhir sebagian besar wawancara, pewawancara akan menanyakan apakah kamu memiliki pertanyaan untuk mereka. Tidak apa-apa dan normal jika kamu tidak memiliki pertanyaan.

Namun, tetap saja, yang terbaik adalah mengajukan setidaknya satu pertanyaan untuk menunjukkan bahwa kamu otentik dan benar-benar tertarik.

Kamu mungkin bisa bertanya tentang nilai-nilai perusahaan, budaya perusahaan, paket tunjangan atau sesuatu yang lain.

Tidak menanyakan lebih detail tentang keputusan perekrutan

Manajer perekrutan dapat memberi tahu di akhir wawancara saat mereka berencana membuat keputusan perekrutan. Namun, jika tidak, kamu bisa bertanya.

Tidak harus sampai terdengar memaksa. Kamu bisa bertanya apakah mereka tahu kapan waktunya mencari seseorang untuk direkrut. Menanyakan hal ini membuatmu tampak otentik dan sangat tertarik.

Kamu tidak mengirim catatan tindak lanjut

Mengirim catatan tindak lanjut mungkin merupakan salah satu bagian terpenting dari proses wawancara. Catatan asli yang menyatakan minatmu pada pekerjaan dan penghargaan atas waktu dan pertimbangan manajer perekrutan bisa sangat berpengaruh.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply