Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Tanda Kamu Telah Dewasa Secara Emosional

Ilustrasi. Sumber foto: mediabistro.comIlustrasi. Sumber foto: mediabistro.com

Topcareer.id – Kedewasaan emosional merupakan salah satu unsur utama kehidupan yang wajib diperhatikan.

Ketika kamu secara emosional belum matang, kamu bisa dikuasai oleh energi negatif di dirimu sendiri.

Sedangkan kematangan emosional yang tinggi memungkinkanmu memaksimalkan sumber daya dan menggunakannya pada hal yang paling penting.

Kedewasaan emosional akan membawa sisi positif dalam hidup kamu dan membantumu memupuk hubungan jangka panjang.

Mengutip tinglymind.com, Jumat (6/3/2020), berikut 7 tanda kamu sudah matang secara emosional.

Kamu memahami emosi dirimu sendiri
Kamu menyadari bagaimana perasaanmu dan tahu mengapa kamu bisa merasakan itu. Kamu bisa memilah setiap emosi dalam diri. Tidak hanya bisa melihat gejalanya, kamu juga akan menggali penyebab emosi yang terkadang berakar di dalam diri dan tak ada hubungannya dengan pemicu.

Kamu nyaman dengan emosimu sendiri
Kamu tidak takut menjadi emosional dan tidak berusaha menghindarinya, terutama yang negatif dan sulit. Kamu membiarkannya terjadi dan memahami bahwa emosimu hanya bersifat sementara.

Kamu tidak membiarkan emosi mengganggu perilaku
kamu tidak membiarkan emosi meluap mengendalikanmu. Kamu akan memberi diri ruang dan waktu untuk memahaminya dan melakukan tindakan yang paling bermanfaat.

Baca juga: 6 Tantangan Bekerja Remote, dan Cara Mengatasinya

Kamu bijak menghadapi reaksi emosional orang lain
Setiap orang bebas bereaksi apa saja, dan kamu punya cara terbaik untuk menghadapi mereka. Kamu mengkomunikasikan perasaan dengan jelas dan tenang untuk membantu orang lain memahami dirimu.

Kamu bertanggung jawab penuh atas semua emosimu
Kamu mungkin tidak bisa mengontrol hal-hal yang terjadi di sekelilingmu. tetapi pada akhirnya, adalah tanggung jawabmu untuk mengelola kondisi batinmu. Kamu tidak lagi mengharapkan orang lain untuk membuat dirimu merasa lebih baik.

Kamu bisa mengelola ego dengan baik
Kamu tidak merasa gengsi untuk meminta bantuan. Kamu menghargai dengan rendah hati dan berkepala dingin dalam menerima bantuan orang. Kamu juga bisa dengan bijak memaafkan kesalahan orang lain.

Kamu mandiri
Kamu yakin dengan kemampuanmu untuk menjaga diri sendiri baik secara fisik maupun emosional. Kamu juga paham bahwa tidak ada faktor eksternal yang dapat menentukan keadaan batinmu.

Ketika hal-hal tidak berjalan seperti yang kamu harapkan, insting pertamamu adalah berbalik ke dalam diri dan mengetahui bahwa kamu bisa membantu dirimu sendiri.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply