Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, June 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bagaimana Sih, Cara Bikin Cerpen yang Bagus? (bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Literature Works)

Topcareer.id – Tahu nggak, salah satu cara menambah penghasilan adalah lewat menulis cerpen di media massa. Saat ini ada sejumlah media cetak dan online yang menerima kiriman cerpen dari pembacanya. Bila cerpen kamu dimuat, maka kamu dapat honor.

Asyik, kan?!

Tapi nggak semua cerpen yang datang ke redaksi pasti dimuat. Biasanya ada redaktur yang bertugas membaca setiap cerpen yang masuk, lalu menimbangnya layak muat atau tidak.

Baca juga: 5 Buku Wajib Baca untuk Software Developer

Nah, kami ingin berbagi tips dan trik bagaimana caranya bikin cerpen yang bagus dan enak dibaca.

1. Tulis saja dulu apa yang ada di pikiranmu

Langkah pertama menulis cerpen ya menuliskannya. Cerpen takkan disebut cerpen kalau kamu tidak pernah tulis. Bagaimana jika tidak punya ide untuk ditulis? Eh, kita bisa menulis saat tak sedang ada ide, lho. Yang tak bisa itu menulis tanpa kemauan. Setiap tulisan, seremeh apapun mengandung ide.

Menulis sebetulnya sama saja dengan pekerjaan lain. Tak perlu menunggu mood datang untuk mulai menulis. Bayangkan bila dokter ogah mengobati pasiennya karena sedang bad mood. Bisa bahaya tuh. Nah, begitu pun menulis.

2.Boleh kok mulai dengan menulis buruk

Yang penting mulai menulis dulu cerpen kamu. Lebih baik buat draft tulisan yang buruk daripada hanya bengong berjam-jam di depan layar komputer. Dengan draft cerita yang menurut kamu buruk, kamu tetap bisa memperbaikinya. Jika tetap kosong, apa yang bisa kamu perbaiki coba?

3.Lawan mood dengan menulis cepat dan menulis di mana saja

Pasti banyak dari kamu yang sudah mulai menulis tapi kemudian kehilangan semangat untuk melanjutkannya. Cerita yang sudah dimulai tiba-tiba tak tahu harus dilanjutkan ke mana.

Atau, bisa juga, kamu kehilangan mood untuk melanjutkannya. Perkara mood sebetulnya alasan yang dicari-cari. Mood adanya di pikiran alias prasangka semata. Maka, jika menanam prasangka kalau saat ini saat terbaik untuk kamu menulis, kamu pasti bakal menulis.

Artinya lagi, jika kamu berpikiran baik bahwa kamu harus bisa menulis di suasana hati seperti apa pun, kamu pasti akan terus menulis. Caranya kamu bisa menulis cepat dan harus bisa menulis di mana saja. Ingat, menulis di mana saja bukan berarti kamu harus bawa laptop kemana-mana.

Alat dasar tulis-menulis bukan laptop, lho. Tapi kertas dan pena. Dari situ kamu bisa memindahkan sambil merapikannya di laptop atau komputermu.

Baca bagian dua artikel ini untuk cari tahu cara memulai menulis, ya. * Diolah dari berbagai sumber.

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply