Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, January 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

7 Hal yang Wajib Ada di CV Artis

Ilustrasi. (dok. DSLR)

Topcareer.id – Di dunia hiburan, CV artis sering juga disebut portofolio. Apa saja isi portofolio seorang artis? Umumnya, portofolio berfungsi sebagai dokumentasi sekaligus referensi yang menjadi tempat informasi tentang seorang artis.

Pendeknya, informasi yang menjelaskan siapa si artis dan apa saja prestasi atau pekerjaan yang pernah ia lakukan. Semua bisa dijelaskan lewat portofolio atau CV. Pemilik manajemen juga manusia. Mereka tak bisa mengingat semua catatan prestasi yang dimiliki si calon bintang. Itulah fungsi CV, sebagai pengingat.

Jika kamu ingin membuat CV, setidaknya ada 7 elemen yang harus dijelaskan.

Baca juga: Make up Artist Pria? Why Not

1.Informasi personal
Berisi informasi tentang data diri kamu. Meliputi nama lengkap, nama pendek, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, agama, status, tinggi badan, berat badan, nomor telepon yang bisa dihubungi, serta e-mail.

2.Pendidikan formal
Berisi pendidikan formal yang pernah kamu tempuh. Saat ini kamu sekolah atau kuliah di mana.

3.Pendidikan informal
Berisi pendidikan nonformal yang pernah dijalani. Kamu pernah ikut kursus apa saja? Kursus akting, penulisan skenario, atau kursus bahasa Inggris.

4.Pengalaman di dunia hiburan
Bagi kamu yang tinggal di daerah dan pernah mengisi iklan media lokal, jangan ragu untuk menuliskan pengalaman tersebut. Sertakan juga potongan iklan kamu.

5.Prestasi
Jika pernah menjuarai kontes model atau pemilihan putra-putri tingkat daerah, bisa dituliskan di bagian ini.

6.Pengalaman kerja
Jika kamu pernah magang di suatu kantor atau pernah ikut mengerjakan sebuah event bersama EO (event organizer) kamu sebaiknya sebuatkan di CV-mu. Ini bisa jadi info tambahan yang memberi nilai lebih.

7.Foto
Sama seperti ikut kasting, siapkan minimal dua foto: close up dan seluruh tubuh.

Nah, setelah CV-mu siap, kamu bisa kirimkan via pos ke manajemen artis yang jadi pilihanmu. Selamat membuat CV dan semoga cita-citamu jadi artis tercapai.* Diolah dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply