Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, January 20, 2021
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Ini Kiat Hindari Stres Selama Wabah Corona Melanda, Menurut WHO

Ilustrasi. (dok. The EconomicTimes)

Topcareer.id – Update berita di televisi, media online, cetak dan sosial media soal virus corona yang mewabah ke puluhan negara, termasuk Indonesia menyebabkan stres. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengakui bahwa virus corona bikin stres terhadap populasi global.

WHO bahkan berbagi kiat-kiat untuk menjaga kesehatan mental yang mencakup saran khusus untuk petugas kesehatan, pengasuh anak-anak atau orang dewasa yang lebih tua, serta orang-orang yang terisolasi.

Pedoman, yang dirilis minggu lalu, dikembangkan oleh departemen kesehatan mental WHO dan memberikan pertimbangan untuk populasi umum. WHO menyarankan orang untuk tidak mengaitkan virus corona ke etnis tertentu atau kebangsaan.

“Bersikap empatik terhadap mereka yang terkena dampak, di dan dari negara mana pun, mereka yang menderita penyakit itu tidak melakukan kesalahan apapun,” tulis panduan itu.

Baca juga: Setelah Italia Isolasi Total Akibat Corona Semakin Meluas

Orang-orang tidak boleh menyebut mereka yang menderita penyakit itu sebagai “kasus COVID-19” atau “korban,” menurut panduan ini. Sebaliknya, WHO merekomendasikan penggunaan istilah seperti “orang yang memiliki COVID-19” atau “orang yang sedang dirawat karena COVID-19.”

Panduan kesehatan mental juga menyarankan orang untuk menghindari mengkonsumsi berita yang membuat mereka merasa cemas atau tertekan dan fokus pada fakta daripada rumor.

Leave a Reply