Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Rekan Kerja Mencuri Idemu? Segera Lakukan Ini

Sumber foto: businessblogshub.com

Topcareer.id – Ide-ide kamu dalam bekerja merupakan salah satu kekuatan yang kamu miliki. Jadi, ketika seseorang mencuri ide kamu, itu bisa menjadi masalah, terutama ketika orang itu mempresentasikan ide itu sebagai miliknya dan dipuji karenanya.

Lalu apa yang harus harus kamu lakukan jika hal tersebut terjadi pada dirimu? Mengutip laman siliconrepublic.com, Rabu (11/3/2020), berikut beberapa saran yang bisa kamu lakukan saat rekan kerjamu mencuri ide yang kamu punya.

Jangan langsung bereaksi
Ilmuwan saraf memperkirakan bahwa lebih dari 90 persen fungsi otak bersifat otomatis. Pada kenyataannya, kamu harus selalu mengabaikan respons insting pertamamu. Coba luangkan waktu sebentar untuk merenung dan membuat pilihan yang bijaksana tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Evaluasi situasinya
Penting untuk melihat fakta dan memastikan kamu tidak langsung mengambil kesimpulan. Apakah ide ini jelas milikmu? Ingat, tidak ada ide yang benar-benar baru. Jika kamu membawa sesuatu kepada seorang rekan dan mereka menyatakannya sebagai ide yang baik, aman untuk mengatakan itu relatif baru.

Pikirkan apakah ini ide yang layak diperebutkan? Tentu saja kamu akan merasa bahwa semua ide kamu berharga, tetapi pada saat yang sama, tidak semua ide layak mendapat standing ovation. Kamu harus tahu kapan harus membawanya ke tingkat berikut dan kapan harus merelakannya.

Bicaralah pada orang tersebut
Jika seseorang yang mencuri ide kamu mengganggumu, ada baiknya berbicara dengan mereka tentang hal itu. Jika mereka tetap mengatakan itu adalah ide mereka, tenang, kumpulkan data, serta tanyakan kepada mereka mengapa ini terjadi. Jika memungkinkan, kamu bisa membawanya ke atasan langsung kamu.

Mencegah lebih baik daripada mengobati
Jika seseorang mencuri ide kamu, baik secara sengaja atau tidak, kamu tidak perlu berkecil hati dalam membawa ide masa depan ke meja kerja. Begitulah cara tumbuh secara profesional dan bersinar sebagai karyawan.

Namun, jika kamu memiliki ide yang dicuri karena kamu menyampaikannya kepada seseorang, ada baiknya menerapkan tindakan pencegahan pada saat kamu memiliki ide-ide cemerlang lainnya.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply