Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
LifestyleTips Karier

Cara Jadi Barista Kopi Tanpa Pengalaman

Sumber foto: coffeegrindguru.com

Topcareer.id – Seiring banyaknya kedai-kedai kopi yang bermunculan, profesi barista kopi pun mulai jadi incaran para pencari kerja.

Namun, bagaimana jika kamu belum memiliki pengalaman menjadi barista sama sekali?

Jangan takut. Masih ada jalan untuk kamu. Seperti dikutip dari localwise.com, Rabu (11/3/2020), ada beberapa tips yang bisa membantumu menjadi barista meski tanpa pengalaman.

Pertama-tama, ketahui apa yang dicari oleh coffee shop. Sebagian besar kedai kopi lokal ingin kamu mengirimkan resume dan surat pengantar untuk posisi itu.

Berikut beberapa kualitas yang diinginkan sebagian besar manajer kedai kopi kepada calon baristanya:

  • Perhatian pada detail dan eksekusi
    Pengusaha ingin tahu bahwa kamu akan membuat latte dan cappuccino yang tidak hanya tampak hebat tetapi rasanya juga enak. kamu harus menekankan bahwa kamu berorientasi pada detail dan ingin membuat kopi yang sempurna untuk setiap pelanggan.
  • Ceria dan ramah
    Pastikan kamu terbiasa untuk senyum dengan baik, karena akan sangat membantu dalam pekerjaan ini dan juga akan meningkatkan peluang pelanggan yang kembali.
  • Fleksibel dan dapat diandalkan
    Sebagian besar barista harus bekerja dalam waktu yang lama, seringkali pada akhir pekan. Sebelum kamu melamar pekerjaan ini, pastikan kamu siap bekerja lembur dan datang lebih awal.
  • Pemain tim
    Sebagai seorang Barista, kamu harus bekerja dan berkomunikasi dengan staf lain dan pelanggan. Teamwork adalah suatu keharusan.

Kemudian, kamu harus mempelajari dasar-dasarnya:

  • Pelajari bahasa
    Jika kamu tidak tahu perbedaan antara Latte, Macchiato, Cappucino dan jenis minuman kopi lainnya, belajarlah dengan tekun tentang terminologi barista.
  • Tonton video
    Tidak perlu mendaftar di kursus mahal untuk belajar cara menggunakan mesin espresso. Dengan YouTube, dunia pendidikan barista sekarang ada di ujung jari kamu.
  • Berlatih di rumah
    Practice makes perfect. Cari mesin espresso yang murah atau bekas, kemudian praktikkan latihannya!

Setelah kamu melakukan semua langkah tadi, kamu siap untuk maju dan menjadi seorang Barista. Berikut beberapa tips agar kamu bisa diterima menjadi barista.

  1. Menjadi pelanggan
    Pemilik kedai kopi suka mempekerjakan pelanggan mereka. Pilihlah kedai kopi lokal yang kamu sukai dan luangkan waktu untuk mengenal pemilik dan staf. Setelah beberapa minggu, beri tahu mereka bahwa kamu tertarik bekerja di sana.
  2. Mulai sebagai kasir
    Posisi kasir dan busser biasanya tidak memerlukan pengalaman apa pun. Ambilah posisi ini di kedai kopi favoritmu, kemudian lanjutkan tujuan menjadi barista.
  3. Bekerja gratis
    Jika kedai kopi impianmu benar-benar membutuhkan barista dengan pengalaman, kamu bisa menawarkan untuk bekerja di sana secara gratis. Ini akan menunjukkan hasrat serius kamu menjadi barista kepada manajemen kedai kopi.
  4. Cari peluang yang tidak membutuhkan pengalaman
    Beberapa kedai kopi lokal masih ada yang merekrut karyawannya tanpa memerlukan pengalaman sebelumnya dan bersedia untuk melatih.

Intinya, kamu tetap bisa kok menjadi Barista di kedai kopi lokal mana pun tanpa pengalaman selama kamu tampak percaya diri, berpengetahuan luas, dan menunjukkan hasrat untuk bekerja.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply