Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 11, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cuci Tangan Bantu Cegah Penyebaran Virus Corona. Begini Caranya

Ilustrasi. (dok. NBC News)

Topcareer.id – Covid-19 atau vurus corona kini terus menyebar luas. Departemen kesehatan setiap negara mendesak semua warganya untuk terlibat dalam langkah-langkah perlindungan dasar dalam mencegah penyebaran penyakit mematikan itu.

Salah satu metode termudah untuk membatasi penyebaran corona virus dan penyakit lainnya adalah dengan mencuci tangan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, itu tidak berarti kamu membilas tangan dengan begitu saja, kamu harus mencuci tangan selama setidaknya “20 detik” agar tindakan pencegahan menjadi efektif.

Seperti dikutip dari independent.co.uk, Kamis (12/3/2020), begini cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Baca juga: Cegah Corona: Hindari Menyentuh Wajah, Tapi Bisakah?

Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air selama setidaknya 20 detik, terutama setelah bepergian dari luar, sebelum makan, dan setelah menutup hidung saat batuk atau bersin.

Sebaiknya juga mencuci tangan sebelum dan sesudah merawat seseorang yang muntah atau diare, sebelum dan sesudah mengobati luka, setelah mengganti popok, setelah menyentuh hewan, pakan ternak atau kotoran hewan, setelah memberi makanan hewan, dan setelah menyentuh sampah.

Untuk mencuci tangan dengan benar, Centre for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan mengikuti lima langkah ini “Basahi, Busakan, Gosok, Bilas, dan Keringkan.”

Pertama, kamu harus membasahi tangan dengan air bersih yang mengalir sebelum mematikan keran dan menggunakan sabun. Langkah selanjutnya terdiri dari menyabuni tangan dan menggosoknya menggunakan sabun. Selama langkah ini, kamu harus menyabuni punggung tangan, sela-sela jari, dan di bawah kuku.

Baca juga: Catat, Ini Nomor Pengaduan Terkait Virus Corona

Gosok tangan setidaknya selama 20 detik, atau kira-kira lama waktu yang dibutuhkan untuk menyanyikan lagu pendek “Selamat Ulang Tahun” sebanyak dua kali, menurut CDC.

Setelah selesai menggosok, bilas tangan dengan air bersih hingga benar-benar bersih, lalu keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau mengeringkannya dengan udara.

Jika kamu berada di tempat yang menyulitkan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun, CDC menyarankan menggunakan sanitiser tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya “60 persen alkohol”.

Untuk menggunakan hand sanitizer secara efektif, oleskan sanitizer ke telapak satu tangan dan menggosok tangan kamu bersama-sama. Kemudian harus mengoleskan gel ke seluruh permukaan tangan sampai tangan kamu kering. Proses ini akan memakan waktu sekitar 20 detik.

Ketika kamu mencuci tangan dengan sabun dan air, penyakit pernapasan seperti coronavirus atau pilek berkurang pada populasi umum sebesar 16 hingga 21 persen, dengan WHO menyatakan bahwa mencuci tangan bisa “menghilangkan virus jika ada di tangan”.

Menurut para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), mencuci tangan dengan cara yang benar di bandara dapat membantu mengurangi pandemi seperti coronavirus hingga 69 persen. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply