Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Pelamar Wajib Tahu Teknik STAR Saat Interview. Begini Penjelasannya

wawancara kerjaDok. Flickr

Topcareer.id – Banyak perusahaan yang lebih memilih untuk melakukan wawancara berdasarkan kompetensi saat melakukan proses rekruitmen pegawai barunya. Hal ini untuk meminimalisir risiko memilih orang yang salah di perusahaan mereka.

Nah, dalam wawancara kompetensi ini biasanya perusahaan akan menggunakan teknik Situation (Situasi), Task (Tugas), Action (Tindakan), dan Result (Hasil) atau biasa disebut STAR. Hm, masih bingung apa itu STAR dan cara menjawabnya? Perhatikan penjelesan berikut ini, ya.

Situation
Sebagai permulaan, pewawancara biasanya akan menanyakan terkait pengalaman kamu sebelum melamar di perusahaan tersebut. Jadi jawablah di perusahaan mana saja kamu pernah bekerja termasuk jangka waktu bekerjanya. Dan jika pewawancara menanyakan alasan kamu keluar, usahakan menjawab tanpa menjelek-jelekan kantor kamu sebelumnya, ya.

Baca juga: Panduan Dasar Memilih Busana untuk Interview Kerja

Task
Setelah mengetahui pengalaman kamu, pewawancara akan menanyakan lebih lanjut mengenai tugas apa saja yang kamu kerjakan di perusahaan sebelumnya. Nah, di sini kamu bisa menceritakan beberapa tugas, bagaimana tantangan yang ditemui yang membutuhkan ide kamu untuk menyelesaikannya.

Action
Tak puas mendengar tugas kamu, pewawancara juga akan menanyakan masalah atau kendala terkait tugas yang telah kamu sampaikan. Mereka akan menanyakan bagaimana kamu menghadapi tantangan tersebut. Jika begitu, kamu bisa menjawab dengan tindakan apa saja yang kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Result
Terakhir, pewawancara pasti ingin mengetahui hasil atau keputusan dari tindakan kamu tersebut. Jadi ceritakan penyelesaian atau jalan keluar yang kamu ambil. Jelaskan apa yang terjadi sebagai hasil dari tindakan tersebut. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan