Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, January 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mengapa Karyawan Perlu Meminta Saran Soal Pekerjaannya?

Ilustrasi

Topcareer.id – Dalam bekerja mungkin kamu terbiasa menyelesaikan segala sesuatu sendiri tanpa meminta saran dari orang lain. Hal ini bagus. Sebab menandakan kamu mandiri dan bisa beroperasi sebagai single fighter.

Namun banyak perusahaan walau meminta karyawannya untuk bisa mandiri, tetapi mereka lebih menyukai karyawan yang bisa saling bekerjasama dan berdiskusi. Termasuk meminta saran.

Akan selalu ada situasi dalam bekerja, ketika mesin pencari Google dan hasil pekerjaanmu tidak cukup baik. Dalam kondisi ini akan lebih baik jika kamu meminta saran dari rekan kerja senior maupun atasan.

Dilansir dari laman Quickbase.com, Kamis (12/3/2020), berikut ini beberapa alasan mengapa kamu perlu untuk meminta saran.

Baca juga: Sibuk Malah Bikin Nggak Produktif

Ada petunjuk
Seorang penasihat dapat menyoroti potensi hambatan atau hambatan yang mungkin kamu hadapi. Kamu mungkin juga disarankan untuk mengambil tindakan yang tidak pernah kamu pertimbangkan sebelumnya.

Penyelesaian masalah
Setelah berbicara dengan seseorang, kamu bisa mendapat perspektif baru tentang masalahmu. Kamu bisa menyadari solusinya akan terlihat berbeda dengan yang kamu bayangkan. Biasanya dari banyak saran yang kamu dapatkan kamu akan bisa menemukan akar masalahnya. Mungkin kamu disarankan untuk mengubah tujuanmu agar masalahmu terselesaikan. Jika kamu tetap bersikeras menyelesaikannya sendiri, belum tentu kamu mendapat jalan keluar.

Baca juga: Yuk, Tiru Kebiasaan Alami Orang Produktif

Validasi / Keyakinan
Jika kamu meminta saran kepada atasan atau seseorang yang lebih senior di bidangnya, mereka bisa membantu kamu dalam pengambilan keputusan dengan memastikan rencanamu masuk akal atau tidak untuk mencapai kesuksesan.

Akuntabilitas / Dukungan
Ketika seseorang memberikan nasihat, biasanya mereka menjadi lebih terlibat dengan kamu yang meminta saran darinya, dan pada gilirannya ia menjadi termotivasi untuk mendukungmu hingga melihatmu berhasil.

Keterikatan
Sekalipun praktik meminta saran tidak menghasilkan apa pun untuk solusi, namun pengalaman mencari saran atau nasihat menciptakan interaksi dengan hasil positif. Kamu melakukan diskusi yang bermakna dengan seseorang yang kamu hormati secara profesional. Dengan cara ini, kamu bisa membangun modal sosial dengan jaringan kamu. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply