Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Yuk Racik Kopi Sendiri! Lebih Nikmat, Stres pun Hilang

Ilustrasi: MediumIlustrasi: Medium

Topcareer.id – Jika biasanya kamu sekadar menyeduh kopi dan langsung meminumnya, cobalah sesekali meracik kopimu sendiri. Aktivitas ini jauh lebih menyenangkan.

Meracik kopi dengan mencampur jenis kopi yang berbeda, misalnya kopi robusta dengan arabika, ternyata bisa menjadi cara untuk melepas stres.

Kegiatan meracik kopi bisa dimulai dari memilih jenis kopi yang akan dibuat, menggiling biji kopi, menyeduh, menghirup aroma, hingga menyesapnya ke dalam mulut. Beberapa orang yang membuat ritual tersebut mengaku merasa rileks.

Memang, tidak semua kopi yang dibuat akan terasa enak. Paling tidak, dengan meracik kopi sendiri, kamu jadi tahu kopi apa saja yang enak untuk dicampur. Kalau sudah terbiasa, kamu juga akan paham takaran kopi dan air yang digunakan untuk menyeduh.

Cara menyeduh kopi

National Coffee Association of USA menyarankan air penyeduh kopi sebaiknya bukan air yang benar-benar mendidih, sebab air yang terlalu panas hanya akan menyebabkan kualitas dari rasa kopi hilang.

Anjurannya, setelah air mendidih apinya dimatikan. Setelah itu didiamkan satu menit, baru tuang ke cangkir berisi kopi.

Khasiat kopi

Harvard Womens Health menyatakan, mengonsumsi kopi dalam sehari bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2, mengurangi pembentukan batu ginjal, mengurangi penyakit parkinson, mengurangi kerusakan fungsi hati, serta mengurangi penurunan daya kognitif otak.

Minum kopi secara teratur juga dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal.

Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita, Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Akibatnya kamu akan jauh lebih berkonsentrasi dan lebih mudah mengubah suasana hati. Tapi ingat, jangan berlebihan ya dalam meminumnya.

Racik kopi sendiri, seduh dengan air panas, biarkan sebentar, lalu hirup aromanya, dan sesap kopinya, Hmm, enak kan?

Catatan:¬†artikel ini pernah dimuat majalah Topcareer edisi Agustus 2013 dengan judul “Racik Kopi Sendiri Berpotensi Kurangi Stres.”

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply