Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Langkah Hadapi Stres di Tempat Kerja

Ilustrasi. (dok. Iamexpat)

Topcareer.id – Tidak bisa dipungkiri, stres dalam pekerjaan kadang menghampiri. Entah itu karena kebosanan, tekanan dari atasan, selisih paham dengan rekan kerja, pekerjaan yang menumpuk, atau sering dimarahi oleh atasan karena pekerjaan yang salah.

Semua itu akan menghambat kualitas kerja jika tidak segera ditanggulangi, baik di posisi karyawan atau pimpinan sekalipun.

Jadi, jangan anggap enteng masalah ini. Jika kamu tidak bisa mengatasinya, bukan kesehatan saja yang terganggu, tapi konsentrasi kerja juga akan terhambat, sehingga pekerjaan menumpuk dan tak bisa diselesaikan dengan baik.

Berikut langkah-langkah dalam menghadapi stres pada pekerjaan:

Tarik napas
Bila sedang stres, kamu cenderung menarik napas dengan cepat dan pendek-pendek. Cobalah lakukan sebaliknya, yaitu tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Cara ini akan mengalirkan oksigen ke darah dan menenangkan pikiranmu.

Buat prioritas
Seringkali ketika pekerjaan menumpuk, kita jadi bingung mau mengerjakan yang mana dulu. Untuk menyikapinya, cobalah membuat daftar semua pekerjaan yang harus dikerjakan. Susun berdasarkan prioritas, dan selalu pastikan pekerjaan kamu telah selesai sebelum mengerjakan tugas berikutnya.

Baca juga: Hati-Hati, Stres Bisa Jadi Biang Keladi Rambut Beruban

Tata ulang meja kerja
Meja kerja yang berantakan bikin kita cepat stres. Jadi ada baiknya untuk membuat meja kerja kamu serapi mungkin supaya kamu betah berlama-lama di situ. Coba ciptakan nuansa hijau, seperti menaruh tanaman kecil, atau foto diri dan keluarga.

Hindari kafein
Ada orang yang merasa lebih segar setelah minum kopi. Padahal, kafein dalam kopi akan membuat detak jantung menjadi lebih cepat dan meningkatkan stres. Minumlah air putih yang banyak supaya kesehatan tubuh kamu terjaga.

Refreshing
Setiap kamu menyelesaikan suatu pekerjaan, cobalah istirahat selama lima menit. Tinggalkan meja kerja dan hirup udara segar, atau sekedar menyeduh segelas teh hangat agar tubuh rileks. Apabila keadaan memaksa kamu untuk selalu berada di meja kerja, cobalah gunakan waktu selama lima menit untuk menyegarkan pikiran dengan browsing di internet, main game di komputer, atau hanya sekedar memejamkan mata selama beberapa detik.

Relaksasi
Berolahraga secara rutin terbukti dapat mengurangi stres. Cobalah gunakan jam istirahat untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Keluarlah dari ruangan kantor dan jalan kaki sejenak. Jika sedang malas berjalan, cobalah angkat bahu setinggi mungkin, tahan beberapa detik, lalu lepaskan. Lakukan gerakan ini 10 kali dan perasaan tegang pun akan hilang.

Catatan: artikel ini pernah dimuat majalah Topcareer edisi Desember 2011 dengan judul “Menghadapi Stres Kerja”.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply