Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bagaimana Atasi Stres di Tengah Pandemi Covid-19

italy-corona-guardianWarga Italia. (dok. Guardian)

Topcareer.id – Wabah penyakit virus corona (COVID-19) mungkin membuat stres sebagian orang. Ketakutan dan kecemasan tentang suatu penyakit dapat menyebabkan dampak emosi yang kuat pada orang dewasa dan anak-anak.

Setiap orang bereaksi berbeda terhadap situasi yang membuat stres. Bagaimana kamu merespons wabah dapat bergantung pada latar belakangmu.

Dikutip dari Cdc.gov, Senin (16/3/2020), orang-orang yang mungkin merespons lebih kuat terhadap tekanan pandemi ini biasanya adalah Orang yang lebih tua dan orang-orang dengan penyakit kronis yang berisiko lebih tinggi untuk COVID-19, anak-anak dan remaja, dokter dan penyedia layanan kesehatan lainnya.

Baca juga: Cegah Corona: Bagaimana Meeting Efektif Saat Kerja dari Rumah?

Stres selama wabah virus corona dapat mencakup:

  • Rasa takut dan khawatir tentang kesehatan sendiri dan kesehatan orang yang dicintai
  • Perubahan pola tidur atau makan
  • Sulit tidur atau berkonsentrasi
  • Memburuknya masalah kesehatan kronis
  • Peningkatan penggunaan alkohol, tembakau, atau obat-obatan lainnya

Merawat diri sendiri, teman-teman, dan keluarga bisa membantu kamu mengatasi stres. Membantu orang lain mengatasi stres juga dapat membuat dirimu lebih kuat.

Berikut beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres selama wabah berlangsung:

Baca juga: Cuci Tangan Bantu Cegah Penyebaran Virus Corona. Begini Caranya

Pertama. Beristirahatlah dari menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk media sosial. Mendengar tentang pandemi itu berulang kali bisa membuat stres bertambah.

Kedua. Jaga tubuh sebaik mungkin. Ambil napas dalam-dalam, regangkan, atau meditasi. Cobalah untuk makan makanan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, banyak tidur, dan hindari alkohol serta narkoba.

Ketiga. Luangkan waktu untuk bersantai dan lakukan beberapa aktivitas lain yang kamu sukai.

Keempat. Berbicaralah dengan orang yang kamu percayai tentang kekhawatiran dan bagaimana perasaanmu.

Kelima. Hubungi dokter jika stres menghalangi kegiatan rutinmu selama beberapa hari berturut-turut. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan