Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Membangun Manajemen Tim yang Efektif

Ilustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.comIlustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.com

Topcareer.id – Seorang manajer harus bisa menginspirasi, memimpin, dan memotivasi tim dalam mencapai serangkaian tujuan untuk organisasi.

Hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tidak semua orang bisa dengan mudah bekerja bersama tim dan memastikan semuanya berjalan tanpa hambatan.

Jadi, bagaimana cara kamu agar bisa menjadi manajer terbaik yang menunjukkan kepemimpinan, sekaligus mempertahankan rasa hormat dari rekan-rekan satu tim?

Dikutip dari theundercoverrecruiter.com, Senin (16/3/2020), berikut beberapa tips untuk menciptakan manajemen tim yang efektif.

Baca juga: Keuntungan Menerapkan Makro Manajemen di Kantor

Pertahankan komunikasi yang baik
Karyawan ingin selalu mengetahui tentang proyek, tujuan, dan deadline yang sedang berlangsung. Jadi penting bagi kamu sebagai manager untuk berkomunikasi dengan baik kepada mereka dan memberi tahu apa yang terjadi di dalam organisasi. Penting juga bagi kamu untuk mendorong feedback pada mereka.

Membangun hubungan kerja yang positif
Penting untuk mengenal anggota tim secara individu, tidak hanya pada tingkat profesional, tetapi juga pada tingkat yang lebih pribadi. Itu akan membangun hubungan yang jauh lebih baik di antara tim.

Mengakui kinerja tim yang baik
Jangan hanya menjadi bos yang memberikan umpan balik ketika kamu punya sesuatu untuk dikritik! Feedback positif kepada staf akan membantu mereka membangun kepercayaan diri dan mau lebih terlibat di masa depan. Jadi penting bagi kamu untuk mengakui prestasi dan upaya yang mereka lakukan.

Baca juga: Ini Bahaya Gaya Kepemimpinan Mikro Manajemen

Jadilah nyata
Jika kamu membutuhkan bantuan, jangan takut untuk mengakuinya. Dan jika kamu membuat kesalahan, akuilah! Menunjukkan sisi manusiawi dari diri kamu memungkinkan staf mengenal dirimu lebih baik. Tim kamu pun akan merasa lebih santai dan nyaman dekat dengan kamu.

Bersikap tegas
Seorang pemimpin yang baik harus dapat menegaskan otoritas dan membuat keputusan penting bagi tim. Tidak ada ruang untuk kompromi dalam peran kepemimpinan, jadi sangat penting bagi kamu untuk berpegang teguh pada apapun yang terbaik dalam bisnis.

Delegasi pekerjaan pada orang yang tepat
Kenalilah tim secara individu agar kamu bisa menilai apa kekuatan mereka. Sehingga kamu bisa mendelegasikan fungsi pada anggota tim yang sesuai agar memberi dampak signifikan pada produktivitas tim.

Baca juga: Sering Telat ke Kantor? Ini Cara Jitu Manajemen Waktu untuk Kamu Coba

Kelola konflik
Ketika ada konflik di tempat kerja, itu tidak boleh diabaikan. Ketika masalah muncul, penting untuk segera diatasi sebelum masalah baru muncul.

Berikan contoh yang baik
Staf kamu akan mencari bimbingan dan inspirasi dari kamu. Jadi penting bagi kamu untuk memberikan contoh yang baik agar mendapatkan rasa hormat dari mereka.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply