Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, January 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Olahraga yang Tepat di Tengah Pandemi Virus Corona

Ilustrasi: Yoga Movement

Topcareer.id – Untuk menjaga tubuh tetap bugar sehingga tak mudah terserang virus, cobalah rutin melakukan olahraga. Namun, dengan tingginya risiko penyebaran virus corona sekarang ini, usahakan ambil olahraga yang tepat dengan menjauhi bentuk-bentuk perkumpulan.

Dr. Gerry Curatola, Doctor of Dental Surgery (DDS) memberikan beberapa cara yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kita di dalam ruangan.

Salah satu olahraga yang direkomendasikannya adalah HIIT sederhana (High-intensity interval training), atau latihan interval intensitas tinggi yang dapat dilakukan dengan resistensi murah dalam sesi 15 menit dua kali per minggu.

“HIIT telah terbukti meningkatkan kadar hormon sehat dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan manusia alami (HGH) yang penting bagi sel tubuh untuk beregenerasi.” ucapnya seperti dikutip dari laman The Ladders.

“Latihan fisik mengurangi hormon stres yang melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Sementara berolahraga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan sensitivitas insulin dalam sel dan menurunkan gula darah sambil membuat darah bergerak, serta membuang racun dan limbah dari tubuh.”

Baca juga: Mengenal Olahraga CrossFit dan Resikonya

Terlepas dari meningkatnya situasi dan kondisi tegang selama virus corona, penting bagi kita untuk tetap tenang. Stres sendiri sangat korosif terhadap pertahanan alami tubuh kita.

Istilah “stres adalah pembunuh” jelas terbukti dengan kemampuannya untuk mendatangkan malapetaka di seluruh tubuh, serta secara kronis mengurangi respon imun.

Dr. Curatola mengatakan, pada gilirannya, stres menurunkan kemampuan tubuh untuk mempertahankan diri dari semua patogen termasuk virus, bakteri, jamur, parasit, dan candida.

“Ketika sedang stres, tubuh dalam kondisi yang melelahkan sehingga menghambat kemampuannya untuk mempertahankan diri,” ujarnya.

Curatola adalah profesional perawatan kesehatan biologis dengan pengalaman praktik klinis lebih dari 30 tahun.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply