Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Covid-19 Makin Menyebar, Presiden Jokowi Perintahkan Tes Corona Massal

Presiden Jokowi. Sumber foto: Instagram.com/jokowiPresiden Jokowi. Sumber foto: Instagram.com/jokowi

Topcareer.id – Untuk mendeteksi secara dini apakah seseorang terpapar virus korona, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan dilakukan tes cepat (rapid test) dengan cakupan yang lebih luas.

“Saya minta alat-alat rapid test terus diperbanyak, juga memperbanyak tempat-tempat untuk melakukan tes, dan melibatkan rumah sakit baik milik pemerintah, BUMN, Pemda, TNI dan Polri, swasta, serta lembaga-lembaga riset dan pendidikan tinggi yang mendapat rekomendasi dari Kementerian Kesehatan,” tegas Presiden saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (19/03/2020).

Sebelum itu, Presiden juga meminta adanya protokol yang jelas bagi tenaga medis maupun masyarakat.

Baca juga: Cerita Mahasiswa IPB Positif Corona dari Ayahnya

“Penyiapan protokol kesehatan yang alurnya jelas, sederhana, dan mudah dipahami oleh masyarakat dan tenaga medis. Ini penting sekali terkait dengan hasil rapid test, apakah dengan karantina mandiri ataupun memerlukan layanan rumah sakit. Protokol kesehatannya dijelaskan,” tambahnya.

Dalam rapat melalui telekonferensi itu, Presiden juga meminta kesiapan layanan rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk pemerintah.

Ia juga meminta melakukan persiapan bagi rumah sakit lainnya apabila diperlukan. Termasuk wisma atlet Kemayoran maupun hotel-hotel milik BUMN yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pelayanan kesehatan dan karantina tersebut. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply