Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 11, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

9 Tips Motret Lewat Smartphone yang Wajib Kamu Tahu

Ilustrasi. (dok. BT.com)

Topcareer.id – Semua smartphone yang beredar dilengkapi kamera. Soal kualitas, ponsel kamera bisa diadu dengan kamera digital.

Tapi tahukah kamu, kadang memotret menggunakan ponsel hasilnya tak sebagus yang inginkan, meskipun kualitas kamera smartphone sudah termasuk jempolan. Tidak gampang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setiap merek dan tipe ponsel mempunyai kemampuan yang berbeda mengenai fasilitas kamera digitalnya.

Tapi, seperti dikutip dari digital-photography-school.com ada beberapa saran dari para profesional yang bisa dilakukan agar hasil jepretan bisa maksimal.

1.Pencahayaan cukup
Cahaya sangat penting untuk hasil foto. Ingat baik-baik premis ini, low light = gambar buruk. Maka, cobalah untuk mengambil gambar dalam kondisi penerangan yang cukup. Saat memotret di bawah terpaan sinar matahari, objek jangan membelakangi datangnya cahaya.

Hal ini bisa dilanggar ketika kamu ingin bereksperimen membuat foto siluet. Kalaupun ingin berfoto di dalam ruangan, pastikan kondisi cahaya maksimal. Bila perlu nyalakan lampu agar ruangan terisi cukup cahaya. Untuk mengatasi keterbatasan cahaya, beberapa ponsel menyediakan lampu flash teringerasi.

2. Dekati objek
Ponsel kamera umumnya tidak dibekali lensa zoom yang maksimal. Jadi, bila Anda mengambil foto sebuah objek dari jarak jauh, foto akan tampak pecah dan buram. Format pengambilan foto dari jarak yang dekat akan membuat hasil foto terlihat jauh lebih baik dan detail. Tapi jaga jarak dengan objek. Terlalu dekat bisa berakibat gambar tidak jelas.

3. Jaga keseimbangan
Tiap kamera ponsel punya problem yang disebut shutter lag. Shutter lag adalah jeda waktu antara pengambilan dan proses perekaman gambar. Jadi, ada baiknya setelah menekan tombol kamera, tahan dulu sekitar 2-5 detik agar hasil foto tidak blur. Usahakan pula tangan jangan bergoyang saat tombol shutter ditekan.

4. Pilih resolusi tinggi
Makin tinggi resolusi yang kamu pakai, makin baik gambar yang dihasilkan. Perbedaan kualitas foto antara resolusi tinggi dan rendah tidak akan terlihat di layar ponsel. Perbedaan ini baru akan terlihat saat foto dipindahkan dan dilihat di layar komputer.

5. Pelajari kaidah fotografi
Tak ada salahnya belajar sedikit tentang teknik fotografi, terutama soal pencahayaan, angle, atau kompisisi. Agar hasil foto lebih maksimal. Teknik fotografi dasar bisa kamu dapatkan dengan cara browsing di internet.

6. Eksplorasi ponsel kamera
Ponsel kamera untuk tipe-tipe ponsel mid-end dan high-end umumnya dibekali fitur yang cukup lengkap. Di sana bisa kamu temukan pengaturan brightness, exposure, white balance, dan fitur-fitur lain. Dengan mengetahu fasilitas ponsel kamera, kamu bisa menghasilkan foto yang lebih optimal.

7. Jangan takut bereksperimen
Bila ponsel kamu dibekali kartu memori yang cukup, cobalah mengambil foto dengan angle yang berbeda- beda. Kalau perlu ambil foto sebanyak mungkin. Dijamin, foto kamu akan terlihat tidak monoton dan lebih kreatif.

8. Bersihkan lensa
Ponsel kamera umumnya tidak dibekali penutup lensa. Ini membuat lensa mudah kotor bila terkena debu atau jari tangan. Ini memengaruhi kualitas gambar. Pastikan untuk membersihkan lensa sebelum mengambil foto.

9. Jangan lupa etiket
Jangan sembarangan menggunakan kamera smartphone. Bila hendak memotret di tempat-tempat tertentu–bukan tempat publik–lebih baik meminta izin terlebih dahulu. Kalau di sebuah tempat kamu dilarang mengambil gambar, patuhilah. O iya, mengambil gambar orang atau pun objek secara diam-diam pun sebenarnya melanggar etika.*

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply