Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Aman Keluar Rumah di Tengah Wabah Corona

Ilustrasi: matcha-jp.com

Topcareer.id – Di tengah pandemi global virus corona, pemerintah telah menetapkan protokol social distancing yang harus dijalankan oleh setiap warga negara.

Banyak perusahaan mendukung langkah ini, salah satunya dengan mengambil kebijakan Work From Home (WFH) untuk para karyawannya.

Lalu, bagaimana dengan para karyawan yang masih harus kerja ke kantor, atau yang harus keluar membeli kebutuhan pokok? Amankah mereka?

Orang-orang yang pergi keluar rumah memang lebih berisiko tertular virus corona. Karena itu, sangat disarankan untuk menghindari perjalanan ke luar rumah, terutama menuju tempat yang penuh keramaian seperti tempat belanja atau taman kota.

Namun demikian, ada beberapa cara untuk meminimalisir risiko ini, salah satunya dengan disiplin melakukan social distancing, seperti menjaga jarak aman dengan siapapun di luar dan melindungi diri memakai masker.

Baca juga: Kita Wajib Belajar dari Korea Selatan Bendung Penyebaran Virus Corona

Menurut Albert Ko, ahli epidemiologi Universitas Yale, Amerika Serikat, aliran udara di luar mengurangi risiko satu orang menularkan virus ke orang lain melalui tetesan di udara.

Virus corona diperkirakan menyebar melalui kontak dekat antara orang-orang dalam jarak sekitar satu setengah meter. Cara penularan utama adalah melalui kontak langsung seperti terkena tetesan bersin atau batuk. Itu sebabnya perlu menggunakan masker kesehatan, terutama bagi yang sedang sakit batuk atau pilek.

“Kamu tidak dapat terinfeksi jika tanganmu bersih sebelum menyentuh wajah, dan tidak menghirup udara dari seseorang yang sakit dan batuk. Jadi selama kedua kondisi itu terkendali, kamu tidak bisa tertular virus ini,” ucap Greg Poland, Profesor Kedokteran dan Penyakit Menular di Mayo Clinic

Jadi, bagi yang masih harus bekerja ke luar rumah, tekanlah risiko dengan disiplin dalam social distancing.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply