Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Olahraga saat Pilek, Bolehkah?

Ilustrasi (Dok. iStock)

Topcareer.id – Berolahraga memang baik untuk kesehatan, dan bisa dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tapi, kalau flu melanda, dan kamu harus terus-terusan tarik ulur lendir di hidung, masih boleh enggak ya untuk olahraga?

Meskipun rutinitas kebugaran bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, penting untuk mendengarkan tubuhmu dan menyesuaikan olahraga yang tepat saat cuaca buruk.

Untuk memperoleh gagasan yang lebih baik tentang olahraga yang bisa dilakukan saat flu, Insider meminta tiga ahli untuk membagikan rekomendasi mereka.

Ketika OK untuk berolahraga saat pilek

Secara umum, jika kamu berurusan dengan flu biasa, kamu akan memiliki gejala seperti bersin, hidung mampet, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Jika flu ringan, tak masalah untuk terus berolahraga, tapi pastikan untuk memodifikasi bentuk olahragamu sehingga kamu menghabiskan lebih sedikit energi secara keseluruhan.

Misalnya, jika biasanya berolahraga selama satu jam (30 menit cardio intensitas tinggi diikuti dengan 30 menit pelatihan resistensi), kamu harus memodifikasi latihan menjadi 20 hingga 30 menit cardio intensitas rendah dan beberapa peregangan atau yoga sebagai gantinya.

Juga, jika kamu pergi ke gym untuk berolahraga, ekstra hati-hati di sekitar teman latihan karena kamu mungkin menular.  Jika gejala pilek lebih parah, seperti batuk yang membeku, dada tersumbat, atau sulit bernapas, dokter menyarankan agar kamu istirahat dulu beberapa hari.

Olahraga yang baik saat pilek

“Berolahraga terlalu keras ketika kamu sakit dapat membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi,” kata Kenton Fibel, seorang dokter keluarga yang berspesialisasi dalam kedokteran olahraga di Cedars, Sinai Kerlan, Jobe Institute.

Di sini, para ahli mempertimbangkan latihan terbaik dan terburuk yang harus dilakukan ketika kamu masuk angin.

Aktivitas lampu hijau

Latihan berdampak rendah tidak meningkatkan detak jantung terlalu banyak atau menyebabkan kelelahan yang berlebihan, yang menjadikannya olahraga paling aman ketika masuk angin.

  • Berjalan
  • Yoga
  • Pilates

Aktivitas lampu kuning

Aktivitas ini akan meningkatkan detak jantung lebih dari aktivitas lampu hijau, sehingga mereka dapat membuatmu cepat lelah.

Lakukan aktivitas ini hanya jika itu adalah bagian dari rutinitas kebugaran rutinmu dan tidak membuat gejala lebih buruk saat melakukannya.

  • Jogging
  • Mengangkat beban ringan
  • Berenang (meskipun bernapas mungkin sulit ketika tersumbat)
  • Bersepeda dengan kecepatan rendah hingga sedang

Aktivitas lampu merah

Apa pun tingkat kebugaranmu, hindari kegiatan-kegiatan ini karena itu adalah latihan intensitas tinggi dan dapat membebanimu.

  • Berlari
  • Pelatihan ketahanan
  • Latihan kekuatan
  • Bersepeda dengan intensitas tinggi
  • Berolahraga dalam cuaca dingin, terutama dalam suhu di bawah titik beku
  • Latihan interval intensitas tinggi (HIIT)

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply