Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Cara Setting Ruang Kerja Dadakan saat Work from Home

Sumber foto: Office Anywhere

Topcareer.id – Sebagian besar warga yang wilayahnya terdampak wabah Covid-19 bakal disuruh untuk melakukan social distancing. Mereka pun harus bekerja dan melakukan bisnis dari rumah.

Atas kebijakan ini, beberapa orang lantas ‘berkantor’ di tempat tidur, teras rumah, dapur, dan bahkan kamar mandi.

Namun, sebenarnya untuk bisa menyelesaikan pekerjaan di rumah, kamu perlu mendesain bagian ‘rumah’ kamu agar nyaman dan kondusif untuk bekerja.

Berikut saran dari para ahli untuk menemukan ruang kerja yang baik saat work from home, seperti dikutip dari laman CNN.

Temukan ruangmu

Cari ruang yang menawarkan akses mudah ke outlet dan pencahayaan yang baik. Jika memungkinkan, cahayanya berasal dari jendela.

“Sebuah jendela tidak hanya untuk cahaya, tetapi juga udara segar,” kata Kerrie Kelly, seorang desainer interior dan kursi dari American Society of Interior Designer. “Ketika kita berjongkok dengan cara ini, kita tidak menyadari betapa bermanfaatnya vitamin D dan udara segar itu.”

Selain jendela, coba miliki dua sumber pencahayaan. Hal ini direkomendasikan Stephanie Kennedy, manajer pasar ritel nasional, Room & Board. “Pencahayaan overhead dan lampu meja bisa memberimu lebih banyak cahaya langsung untuk permukaan dan keyboard,” katanya.

Posisi tubuh yang benar

Bagaimana kamu duduk dan mengatur posisi komputer, itu penting. “Jika tubuhmu sakit di akhir hari atau setelah bekerja, maka itu sebenarnya tanda akan sesuatu,” kata Kristianne Egbert, seorang ahli ergonomi profesional bersertifikat.

Saat memilih permukaan kerja, cari yang mendekati ketinggian siku saat kamu duduk. Jika permukaannya terlalu tinggi, kamu bisa menggunakan handuk, selimut, atau bantal yang terlipat untuk menambah tinggi badanmu. Perhatikan juga bagaimana kamu duduk.

  • Kursi: Jika memungkinkan, duduklah di atas sofa atau tempat tidur. Cobalah menjaga agar paha sejajar dengan lantai, dan pastikan kaki bersandar pada lantai atau semacam pijakan kaki.
  • Siku: Jaga siku tetap dekat dengan sisi tubuh, serta usahakan sejajar dengan lantai, buat sudut 90 derajat antara lengan atas dan lengan bawah, kata Egbert.

Leave a Reply