Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Pakai Disinfektan yang Benar di Tempat Virus Corona Menempel

Penggunaan disinfektan. (dok. GACA)

Topcareer.id – Virus corona yang menempel pada suatu permukaan benda bisa tidak aktif secara efisien jika dibersihkan dengan larutan yang mengandung 62% hingga 71% alkohol etanol, hidrogen peroksida 0,5%, hidrogen peroksida 0,5%, atau 0,1% natrium hipoklorit .

Ilmuwan mengatakan bahwa disinfektan berbahan dasar larutan tersebut dapat membersihkan virus dari permukaan bahkan dapat bekerja dalam 15 detik.

Rachel Graham, seorang ahli epidemiologi di University of North Carolina, Amerika Serikat. menyampaikan bahwa hal yang penting ketika mendesinfeksi permukaan adalah mendapatkan dosis potensial infeksi virus.

Pembersih tangan berbahan dasar alkohol tidak ideal untuk mendisinfeksi permukaan keras karena kandungan alkoholnya tidak cukup tinggi.

Berikut ini cara mendisinfeksi permukaan benda dari virus corona.

Baca juga: Buat Cairan Disinfektan Anti Corona Modal Rp 13 Ribu. Begini Caranya

Permukaan keras (Tidak Berpori)
Kenakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi permukaan. Sarung tangan harus dibuang setelah setiap pembersihan. Jika sarung tangan dapat digunakan kembali, sarung tangan tersebut harus didedikasikan untuk membersihkan dan mendesinfeksi permukaan COVID-19 dan tidak boleh digunakan untuk tujuan lain.

Bersihkan tangan segera setelah sarung tangan dilepas. Jika permukaan kotor, bersihkan terlebih dahulu menggunakan deterjen atau sabun dan air sebelum desinfeksi

Gunakan larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan (setidaknya 1000 ppm natrium hipoklorit) untuk membersihkan permukaan keras. Ikuti instruksi pabrik untuk pengaplikasiannya. Pastikan waktu kontak minimal 1 menit, dan pastikan ada ventilasi yang baik selama dan setelah pengaplikasian. Periksa produk tidak melewati tanggal kedaluwarsa.

Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. Pemutih rumah tangga yang tidak kadaluwarsa akan efektif melawan virus corona bila diencerkan dengan benar.

Gunakan larutan pemutih dengan mencampurkan 5 sendok makan (1/3 gelas) pemutih per galon air atau 4 sendok teh pemutih per liter air.

Baca lebih lanjut di halaman berikutnya>>

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan