Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Cegah Hoax, Pesan WhatsApp Cuma Bisa Di-forward Satu Kali

Dok. Engadget

Topcareer.id – WhatsApp sedang berusaha membendung penyebaran informasi virus corona yang cepat dengan menetapkan batas baru pada berapa kali pesan yang diteruskan (forward) dapat dibagikan secara bersamaan.

Sebuah pesan yang diterima oleh seseorang di platform milik Facebook (FB) yang telah diteruskan lima kali sekarang hanya dapat diteruskan ke satu obrolan sekaligus. Batas baru ini merupakan yang paling ketat dari WhatsApp.

Aplikasi obrolan secara bertahap memperketat pembatasan pada fungsi forward, di mana pengguna dapat dengan mudah memilih beberapa grup atau orang untuk menerima pesan.

Dua tahun lalu bahkan seorang pengguna dapat menyampaikan pesan yang diteruskan ke 250 grup sekaligus, dengan masing-masing grup mampu menampung ratusan pengguna.

Pada tahun lalu, perusahaan telah mengurangi batas itu menjadi lima grup sekaligus. Sekarang cuma satu, meskipun pengguna secara teoritis masih dapat meneruskan pesan yang sama ke individu atau grup satu per satu.

Baca juga: Tantangan Facebook Menghalau Hoax Corona Di WhatsApp, Bisakah?

“Kami telah melihat peningkatan signifikan dalam jumlah penerusan yang pengguna katakan kepada kami dapat terasa luar biasa dan dapat berkontribusi pada penyebaran informasi yang salah,” kata WhatsApp dalam posting blog, dikutip dari CNN.

“Kami percaya penting untuk memperlambat penyebaran pesan-pesan ini agar WhatsApp tetap menjadi tempat untuk percakapan pribadi.”

Seorang juru bicara WhatsApp mengatakan kepada CNN Business bahwa fitur masih sedang diuji.

Tidak seperti Facebook atau Instagram, WhatsApp sepenuhnya mengenkripsi pesannya, artinya perusahaan tidak tahu apa yang dikatakan atau dibagikan. Dan tidak seperti Facebook, itu tidak memiliki kemampuan untuk melampirkan peringatan dan penjelasan pada posting yang dianggap palsu oleh pemeriksa fakta.

WhatsApp, seperti platform perpesanan teks lainnya, telah digunakan dalam beberapa bulan terakhir untuk menyebarkan pesan tentang virus, beberapa akurat dan beberapa hoax. Masalahnya sekarang sangat akut sehingga para pemimpin dunia mendesak orang-orang untuk berhenti berbagi informasi yang tidak diverifikasi.

Profesor London School of Economics Shakuntala Banaji dan Ram Bhat, yang telah mempelajari penyebaran informasi yang salah melalui WhatsApp di India, mengatakan batas penerusan yang lebih ketat seharusnya sudah ada.

Banaji dan Bhat mengatakan kepada CNN Business bahwa tanpa tindakan lain, seperti mampu melaporkan, melarang dan menuntut pengguna yang memberikan informasi yang salah, tindakan baru ini untuk banyak konten yang diteruskan akan terpaksa terbukti tidak efektif.

“Pekerjaan kami di India menyarankan perlunya batas ke depan sebagai salah satu dari serangkaian tindakan untuk mengekang penyebaran cepat ujaran kebencian dan informasi yang salah,” tambah mereka.

Leave a Reply