Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Film Apa yang Bagus Ditonton saat Pandemi?

Adegan film Sonic The Hedgehog. (dok. Paramount)

Topcareer.id –  Selagi tinggal di rumah dan mematuhi pedoman social distancing, banyak yang mulai mencari acara dan film baru untuk membantu membunuh waktu, serta menjaga pikiran mereka dari kekhawatiran pandemi virus corona.

Menurut Dr. Maria Baratta, seorang pekerja sosial klinis berlisensi, hal terbaik untuk ditonton di masa pandemi adalah film favorit lamamu.

“Untuk menonton hal-hal yang kamu ketahui sampai akhir, terutama jika itu akhir yang baik, adalah penting. Selama hari-hari ini, kami tidak tahu apa yang terjadi. Kami tidak tahu berapa lama pandemi ini akan berlangsung,” kata Baratta kepada CNBC Make It.

Seperti kita tahu, beberapa negara menerapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran, bahkan memperpanjang waktu social distancing lebih lama lagi hingga wilayah aman dari virus. Tapi tak ada yang tahu tepatnya sampai kapan.

Baca juga: 5 Film soal Virus Mematikan, dari Zombie Hingga yang Mirip Corona

Manfaat menonton film favorit

Meskipun pembaruan berita tentang pandemi terasa tidak dapat diprediksi dan selalu berubah, sebuah pertunjukan atau film yang sudah pernah kamu tonton akan selalu tetap sama.

Baratta mengatakan, menyaksikan sesuatu yang sudah kamu ketahui akhir ceritanya dapat memberikan keseimbangan pada ketidakpastian kehidupan nyata.

“Tidak ada kecemasan di sana. Sepertinya, Oke, ini akan berakhir dengan baik. Ketika orang sedang mengalami masa sulit, itu membantu.”

Baratta juga menyarankan kliennya untuk menghindari konsumsi terlalu banyak konten berat, seperti film horor atau apokaliptik, ketika mereka menghadapi tingkat stres atau kecemasan yang lebih tinggi.

“Apa yang kamu konsumsi dalam hal informasi sensorik, tetap di jalur itu. Dampak dari konten yang kamu  ambil dapat memengaruhimu untuk waktu yang lama setelah kamu selesai menonton,” ujar dia.

Baca juga: Lembaga Sensor Film Tanggapi Maraknya Genre Kekerasan dan Horor

Baratta menyarankan untuk menonton acara ringan, atau memilih film yang bisa membuatmu berada suasana hati yang baik, daripada yang membuatmu merasa stres atau takut.

Cobalah menonton apapun yang dapat membuatmu tertawa, meskipun itu tidak memuaskan.

“Saya pikir sangat penting untuk terhubung dengan sesuatu, untuk menyeimbangkan suasana hati yang suram dari apa yang kamu dengarkan di berita.”

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply