Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Berkebun yang Jarang Kita Sadari

Sumber fot: Miracle Gro

Topcareer.id – Mulai dari main TikTok, nonton drama korea atau filming, hingga masak-masak sudah dilakukan untuk sekadar menghibur diri. Tapi, mungkin orang-orang perlu mencoba hobi baru, yakni berkebun.

Sebuah penelitian baru dari Universitas Anglia Ruskin menemukan bahwa berkebun mempromosikan citra diri, yakni tubuh yang lebih positif secara keseluruhan, serta rasa penerimaan yang lebih baik terkait ketidaksempurnaan tubuh seseorang.

Berkebun telah lama dianggap sebagai praktik yang menenangkan, dan manfaat dari merasakan cara kerja alam juga didokumentasikan dengan baik oleh tubuh.

Membersihkan sarung tangan berkebun menawarkan beberapa manfaat, mulai dari menghilangkan stres, hingga kepuasan umum dengan mengotori tangan dan membawa kehidupan ke dunia ini.

Baca juga: Hobi Orang Terkaya di Dunia, Memasak hingga Bermain Ukulele (Bagian 1)

Tim peneliti mengikuti 84 pengebun di 12 area berkebun perkotaan di London utara, serta 81 tukang kebun yang direkrut dari area yang sama. Setiap peserta diminta mengisi serangkaian survei.

Secara luar biasa, para pengebun melaporkan lebih menghargai tubuh mereka, dengan tingkat kebanggaan tubuh yang secara signifikan lebih tinggi. Mereka juga lebih menghargai bagaimana tubuh mereka berfungsi.

Menariknya, semakin lama seseorang mengatakan bahwa mereka telah berkebun secara teratur, semakin banyak citra tubuh mereka yang meningkat dibandingkan sebelum mereka mengambil hobi tersebut.

“Citra tubuh yang positif bermanfaat karena membantu menumbuhkan ketahanan psikologis dan fisik, yang berkontribusi pada kesejahteraan secara keseluruhan,” komentar Viren Swami, Profesor Psikologi Sosial di Universitas Anglia Ruskin, dalam siaran pers.

“Penelitian saya sebelumnya telah menunjukkan manfaat berada di alam secara lebih umum, tetapi meningkatnya urbanisasi berarti lebih sedikitnya akses ke alam,” kata dia, dikutip dari The Ladders.

Baca juga: Hobi Orang Terkaya di Dunia, Memasak hingga Bermain Ukulele (Bagian 2)

Berkebun awalnya mungkin tampak seperti kegiatan yang diperuntukkan bagi petani atau orang yang tinggal di pedesaan, tetapi penduduk kota juga sebenarnya bisa terlibat.

Faktanya, penelitian ini mengesahkan gagasan bahwa berkebun di perkotaan sama menenangkannya dengan berkebun di pedesaan.

Sulit untuk mengatakan dengan tepat mengapa berkebun bisa membantu meningkatkan citra tubuh, tetapi mungkin itu ada hubungannya dengan memelihara kehidupan yang lebih kecil dan lebih rapuh saat berkembang.

Tanaman dan bunga yang kita tanam mengingatkan kita betapa kita diberkati, terlepas dari kekurangan tubuh yang tidak penting.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply