Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, July 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Melatih Otak agar Tak Pikun di Usia Muda

Ilustrasi. (dok. Technology Network)

Topcareer.id – Sekadar mengingatkan, otak merupakan pengendali semua tubuh. Diperkirakan ada lebih dari 100 miliar neuron tersedia untuk memungkinkan proses berpikir. Satu hal yang harus diwaspadai bila sudah muncul gejala pikun.

Sering lupa menaruh sesuatu atau melupakan hal-hal lain, itu bisa jadi awal gejala pikun. Gejala ini dialami oleh siapapun. Bahkan mereka yang masih berumur 30-an tahun.

Untuk mencegahnya mudah saja. Latihlah otak untuk selalu aktif. Berikut dua cara di antaranya yang kami salin dari majalah Intisari edisi Agustus 2007.

Baca juga: Cara Jaga Kesehatan Selama Social Distancing dan di Rumah Saja

Pertama, gunakan semua indera. Pengaktifan segala indera adalah rangsangan yang bagus bagi otak.

Misalkan, saat berkenalan tidak hanya menghafalkan nama orang. Rangsanglah otak kamu untuk mengingat bentuk wajahnya, potongan tubuh, dandanan, juga bau parfumnya.

Kedua, cobalah sesuatu di luar kebiasaan rutin. Misalnya, mandi dengan mata tertutup. Logika dan indera kamu akan merasakan sesuatu yang lain. Kemudian, gosoklah gigi di luar kebiasaan kamu. Kalau biasanya tangan kanan, ganti tangan kiri.

Ini bagus buat kerja otak. Sebab belahan otak yang biasanya aktif terhenti. Sebaliknya belahan otak yang biasanya tak aktif menjadi aktif mengontrol semua gerak. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply