Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Sekolah

RRI Hadirkan Program Belajar di Tengah Pandemi COVID-19

Sumber foto: Tribunnews

Topcareer.id – Radio Republik Indonesia (RRI) meluncurkan program siaran khusus yang menghadirkan para guru sekolah untuk mengajar dan melayani tanya jawab secara interaktif melalui siaran di radio.

Siaran program bertajuk “Belajar di RRI” tersebut sudah dapat didengarkan dari tanggal 26 maret 2020 lalu yang disiarkan setiap Senin hingga Jumat pukul 10.00-11.00 waktu setempat.

Menurut Direktur Utama LPP RRI M Rohanudin, belajar melalui radio adalah cara efektif dan lebih interaktif dibandingkan belajar secara daring karena kelebihan radio yang auditif dapat menghidupkan theater of mind anak-anak sekolah.

Ditambah lagi, program ini juga menampilkan jeda satu hingga dua lagu yang sesuai dengan musik untuk segmen mereka.

“Program Belajar di RRI adalah strategi menjalin hubungan emosional guru dan murid tetap mesra dalam situasi belajar dari rumah,” kata Rohanudin di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (14/4/2020).

“Bahkan yang menarik, ada seorang murid menyatakan kangen pada ibu gurunya (saat mendengarkan program ini), merupakan suatu ekspresi yang menunjukkan bahwa radio memiliki peran imajinatif yang tinggi,” tambahnya.

Rohanudin menambahkan, program ini mendapat respon yang baik dari publik. Hal ini karena selain disiarkan lewat radio, masing-masing satuan kerja RRI juga melakukan siaran paralel secara live melalui YouTube.

Sejauh ini, data yang dimiliki RRI menunjukan progres positif.

Hingga 9 April 2020 kemarin, tercatat 715 sekolah baik SD, SMP, maupun SMA sudah berpartisipasi dalam program tersebut. Bahkan RRI Padang, mencatat bahwa dalam sekali siaran, dapat diikuti lebih dari 8.000 pengakses YouTube.

Tercatat, sebagai lembaga penyiaran publik, RRI memiliki 105 stasiun penyiaran di seluruh Indonesia dan disiarkan ulang oleh 224 stasiun radio seluruh Indonesia.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply