Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bisakah Virus Corona Menular Melalui Makanan?

Dok. DNA India

Topcareer.id – Pikiran itu mungkin terlintas di benakmu ketika kamu sedang memilih atau memesan makanan via aplikasi online di tengah situasi pandemi virus corona seperti sekarang. Para ahli mengatakan saat ini tidak ada bukti penyakit virus corona baru yang ditularkan melalui makanan.

“Kami tidak benar-benar memiliki bukti bahwa makanan merupakan sumber penyakit Covid-19,” kata Benjamin Chapman, seorang profesor dan spesialis keamanan makanan di North Carolina State University, Amerika Serikat.

Chapman menekankan bahwa ada banyak hal yang tidak diketahui tentang penyakit Covid-19 dan virus yang menyebabkannya yaitu corona atau SARS-CoV-2.

Dikutip dari Livescience.com, Jumat (17/4/2020), menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sejauh yang telah diketahui bersama secara luas, penyakit ini menyebar terutama dari orang ke orang melalui partikel virus yang menyebar ketika seseorang batuk atau bersin.

Baca juga: Tiga Fase Serangan Virus Corona pada Paru-paruTiga Fase Serangan Virus Corona pada Paru-paru

Sementara Covid-19 secara teoritis dapat ditularkan dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh hidung, mulut atau mata, makanan tidak dianggap sebagai mode penularan utamanya.

Langkah-langkah keamanan pangan yang sudah ada untuk mencegah penyakit bawaan makanan seperti sering mencuci tangan dan membersihkan permukaan bahan makanan sebelum dimasak serta peralatannya, juga memasak makanan pada suhu yang tepat akan mengurangi penularan partikel virus melalui makanan.

Lebih jauh di halaman berikutnya>>

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply