Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Hindari Mata Lelah Karena Screen Time Kerja di Rumah

Ilustrrasi. (dok. Vision Eye Institute)

Topcareer.id – Jika kamu sudah bekerja dari rumah selama dua minggu atau lebih, kamu mungkin memperhatikan matamu merasa lebih lelah dari biasanya di akhir hari.

Tidak heran. Bayangkan saja, semua terkait pekerjaan, kehidupan sosial, hiburan, pemberitaan semuanya diberikan melalui layar.

Dan bahkan ketika kamu tidak melihat layar konvensional (TV, laptop, telepon) ada bentuk layar lainnya, seperti jam tangan pintar dan pelacak kebugaran. Jika matamu terasa seperti hangus hingga kering pada pukul 8 malam, kamu mengalami kelelahan mata karena screen time terus menerus.

Nadeem Rob, ahli kacamata terkemuka di ahli kacamata yang berbasis di London, The Eye Establishment, mengatakan kepada HuffPost UK bahwa terlalu banyak screen time dapat menyebabkan sakit kepala, ketegangan mata, mata kering, kelelahan dan berkurangnya produktivitas.

Baca juga: Tanaman Beracun yang Kita Santap

“Peningkatan waktu menatap layar selalu jadi masalah kontroversial di antara spesialis perawatan mata. Meskipun belum terbukti merusak aspek mata, diterima dengan sangat baik bahwa peningkatan waktu layar menambah tekanan yang tidak perlu pada upaya kami,” kata Rob dalam HuffPost.

Cara kurangi efek negatif screen time seharian

“Saat mengerjakan apapun di depan layar di rumah atau di kantor, kita harus mengingat aturan 20/20/20,” kata Rob. Ini berarti, setelah 20 menit waktu layar, kamu harus melihat ke luar jendela pada jarak 20 kaki selama 20 detik, dan ulangi. Ini memberi mata kita kesempatan untuk bersantai.

Kamu juga bisa mencoba yoga mata. Lihat ke kiri, tahan dan ulangi melihat ke kanan. Lihat ke atas, tahan posisi, ulangi melihat ke bawah. Ulangi empat kali, tutup matamu dan kemudian rileks di. Cobalah ini sebagai istirahat untuk mata sepanjang hari.

Kita juga perlu memperhatikan jumlah cahaya yang kita lihat dari layar kita. “Sekali lagi, sorotan dari layar kita tidak diketahui merusak mata, tetapi panjang gelombang spesifik cahaya biru meningkatkan upaya yang diperlukan agar mata kita berfungsi dengan baik,” kata Rob.

Pengguna kacamata dan lensa kontak

Rob mengingatkan untuk selalu mengenakan koreksi apa pun yang diperlukan untuk pekerjaan dekat yang diberikan oleh ahli kacamatamu. Dan pertimbangkan untuk menggunakan lensa dengan filter cahaya biru untuk mengurangi ketegangan dan ingat untuk mengambil istirahat yang tepat.

Pemakai lensa kontak disarankan untuk beralih ke kacamata saat menggunakan komputer untuk jangka waktu yang lama karena mereka cenderung berakhir dengan mata kering.

Dalam beberapa kasus, ketegangan mata juga bisa disebabkan oleh sinar matahari berlebihan yang masuk melalui jendela atau oleh pencahayaan ruangan yang terang, menurut Specsavers.

Jika memungkinkan, tutup sebagian tirai atau kerai untuk mengurangi kecerahan dari luar, kurangi pencahayaan di ruangan, atau hindari duduk di bawah lampu neon besar yang besar. Ahli kacamata menyarankan menggunakan lampu lantai sebagai gantinya. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan