Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tanaman Beracun yang Kita Santap

Sayur Bayam. (dok. Sindonews)

Topcareer.id – Menyantap sayuran baik bagi tubuh. Semua orang sudah tahu itu. Namun, yang mungkin kamu belum tahu, tak semua sayuran atau tanaman baik disantap. Ada tanaman yang biasa kita santap, ternyata jadi “pembunuh” diam-diam.

Dikutip dari tulisan Titik Kartitiani di majalah Intisari edisi Agustus 2007 dan sumber-sumber lain, berikut beberapa tanaman beracun yang ternyata biasa kita santap.

Tanaman dan sayuran ini masih bisa kita santap dan menghilangkan racunnya bila kita masak dengan benar.

Ketela pohon
Misalnya ketela pohon (manihot esculenta) yang mengandung sianida. Untuk beberapa varietas konsentrasinya tinggi. Makanya, sebelum dikonsumsi harus direbus dengan air mendidih. Jangan lupa, air rebusannya dibuang.

Baca juga: Manfaat Buah dan Sayuran Menurut Warnanya

Daun keladi
Masih sebagai sayur, batang dan daun keladi (colocasia esculenta) mengandung kalsium oksalat yang membahyakan jika dikonsumsi. Terkena kulit saja bikin gatal.

Bayam
Kemudian, bayam (spinacia oleracia) pun bisa jadi sayur yang bermanfaat tapi juga membawa petaka. Jika dimasak berlebihan, akan menyebabkan pembentukan batu oksalat pada kandung kemih dan ginjal. Jangan hangatkan sayur bayam yang sudah dingin, karena pemanasan meningkatkan kandungan oksalat terlarut dalam jaringan tanaman.

Baca juga: Walau Corona Mewabah, Jangan Cuci Buah dan Sayuran dengan Sabun

Tumbuhan paku
Pucuk tumbuhan paku jenis pteridium aquilinum digunakan sebagai tanaman sayur oleh orang yang tinggal di pegunungan. Sebenarnya, tanaman ini mengandung zat karsinogen (pemicu kanker). Hanya saja, orang Jepang tetap menggunakannya. Mereka bisa menghilangkan racun bila pucuk kayu dimasak kayu ash.

Tomat
Buah tomat juga bisa menjadi racun jika terlalu banyak menerima panas matahari. Lantaran solanin yang dikandungnya meningkat. Secara fisik bisa dilihat jika buah semakin hijau, kndungan solanin semakin tinggi. Solanin sendiri bisa menjadi racun yang menyebalkan bagi tubuh manusia.

Keracunan solanin menyebabkan beberapa gejala umum seperti muntah, kram perut, mual, sakit kepala, dan diare.

Baca jenis tanaman lain di halaman berikut>>

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply