Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, July 12, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengunyah Permen Karet Bisa Meningkatkan Kinerja Otak Saat Belajar

Ilustrasi. (dok. Getty Images)

Topcareer.id – Jika kamu sedang mencari cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan kemampuan saat belajar untuk menghadapi ujian, cobalah untuk belajar sambil makan permen karet.

Memang ini kedengarannya seperti hal yang gila, tetapi beberapa penelitian mendukung hubungan antara mengunyah permen karet dan peningkatan kinerja otak.

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana hal itu dapat memiliki efek positif pada hasil belajar?

Para peneliti tidak dapat menentukan mengapa tepatnya permen karet meningkatkan daya ingat, perhatian, dan keterampilan penalaran kognitif, tetapi hasil penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa itu benar.

Kemungkinan besar, aktivitas fisik minimal yang terlibat akibat dari tindakan mengunyah permen karet memiliki efek yang akan meningkatkan kinerja otak dan hasil tes.

Baca juga: Belajar dari Rumah, Menteri Nadiem Izinkan Dana BOS Dipakai Beli Pulsa Internet

Dikutip dari Brainscape.com, Selasa (21/4/2020) Asisten Profesor Psikologi Universitas St. Lawrence Serge Onyper melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa siswa yang mengunyah permen karet selama lima menit sebelum mengambil tes lebih baik dalam ujian daripada siswa yang tidak mengunyah permen karet.

Namun kamu perlu ingat, walaupun mengunyah permen karet sebelum ujian dapat membantu kinerja otakmu untuk belajar, efek ini tidak akan berjalan baik jika kamu terus mengunyah permen karet selama ujian. Itu hanya akan menjadi gangguan.

Dengan kata lain, kamu tidak dapat mengunyah permen karet dan berpikir secara produktif pada saat yang sama. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply