Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, April 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Gene Deitch, Animator Tom And Jerry Meninggal Dunia

Sumber foto: m.economictimes.com

Topcareer.id – Gene Deitch, animator pemenang Oscar dan direktur serial animasi Tom and Jerry meninggal dunia pada Kamis 16/4) malam di apartemennya, Praha, Republik Ceko.

Petr Himmel, penerbitnya di Ceko mengonfirmasi berita itu kepada The Associated Press. Ia melaporkan bahwa pria berusia 95 tahun itu meninggal secara tak terduga.

“Menurut teman, keluarga dan tetangga, penyebab kematiannya tidak berhubungan dengan virus corona. Deitch tidak sakit, dia hanya sempat mengeluh tentang masalah usus pada hari-hari sebelum kematiannya,” tulis situs Cartoon Brew terkait kepergian Deitch.

Meninggalnya Deitch juga meninggalkan luka mendalam di hati para fansnya, Banyak dari mereka yang memberi penghormatan kepadanya di media sosial.

“Terima kasih, Sir Gene Deitch karena telah membuat masa kecil kami begitu menyenangkan. Saya percaya, generasi mendatang akan menyukai karya-karya mu. Tak ada satu pun orang yang hadir di sini yang belum menonton Tom and Jerry dan Popeye.” ungkap salah satu penggemarnya di Twitter.

Baca juga: Pendapatan Dubber Bisa Capai Puluhan Juta

Dikutip dari express.co.uk, Rabu (22/4/2020), Deitch yang nama lengkapnya adalah Eugene Merrill Deitch, bekerja sebagai juru gambar untuk Penerbangan Amerika Utara sebelum direkrut oleh militer dan mengikuti pelatihan pilot.

Dia diberhentikan karena alasan medis pada tahun 1944 dan kembali bekerja di dunia seni komersial. Setelah itu, karier animasinya pun lepas landas.

Deitch bertemu dengan istri pertamanya, Marie, di North American Aviation. Mereka menikah pada tahun 1943 dan memiliki tiga putra yakni Kim, Simon dan Seth.

Baca juga: Mengenal Aktuaria, Program Studi yang Tengah Jadi Primadona

Pada tahun 1958, Deitch dinominasikan untuk Academy Award atas filmnya, Sidney’s Family Tree.

Dia kembali masuk Academy Award untuk Film Pendek Animasi Terbaik atas filmnya Munro pada tahun 1960, dan dinominasikan dua kali lagi dalam kategori yang sama pada tahun 1964 untuk Here Nudnik dan How to Avoid Friendship.

Hanya beberapa hari setelah pindah ke Praha pada akhir 1950-an, Deitch bertemu Zdenka Najmanová, manajer produksi di studio Bratři v triku tempat dia bekerja. Mereka pun menikah pada 1964.

Selama kariernya, Gene bekerja sebagai direktur kreatif di Terrytoons, di bawah 20th Century Fox, di mana ia menciptakan karakter seperti Sidney the Elephant, Gaston Le Crayon, Clint Clobber dan Terr’ble Thompson.

Dia kemudian bekerja dengan Rembrandt Films selama tahun 1960-an untuk menghasilkan sejumlah kartun Popeye, serta serial Tom and Jerry untuk Metro-Goldwyn-Mayer.

Baca juga: Mengintip Museum Oscar, Ada Apa Aja?

Deitch pensiun pada 2008. Selama tahun itu dia telah bekerja sebagai direktur animasi terkemuka Weston Woods Studios, dan mengadaptasi buku bergambar anak-anak.

Ketiga anaknya kemudian menjadi animator. Termasuk Kim yang sukses menciptakan karakter kucing misterius, Waldo.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan