Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Cepat Baca Bahasa Tubuh Orang yang Memakai Masker

Ilustrasi. (dok. SCMP)

Topcareer.id – Pandemi virus corona secara dramatis mengubah bagaimana cara manusia berinteraksi satu sama lain, termasuk komunikasi nonverbal. Mengenakan masker kini menjadi kewajiban dan mungkin kelaziman untuk seterusnya di masa mendatang.

Tetapi dengan hampir separuh dari wajah tertutup, sulit untuk mengatakan apa yang dipikirkan dan dirasakan seseorang. Misalnya, seorang karyawan tidak dapat melihat bahwa bibir atasan mereka dikerutkan, yang dapat menjadi tanda ketidakpuasan.

Pensiunan agen FBI, Joe Navarro , telah meneliti bahasa tubuh selama lebih dari 45 tahun. Ia kemudian memberikan cara membaca tubuh seseorang saat menggunakan masker, dalam laman CNBC Make It.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara membaca cepat.

Baca juga: Mendeteksi Kebohongan dengan Membaca Bahasa Tubuh

1. Mata menyipit

Apa artinya:

“Saya tidak suka apa yang sedang terjadi.”

“Sesuatu tidak terasa benar.”

“Saya tidak setuju dengan apa yang kamu katakan.”

“Kami sering menyipitkan mata ketika kami mencoba memfokuskan visi kami pada sesuatu yang jauh. Tetapi mata yang menyipit dan “glabella” yang berkerut (bagian dahi di atas dan di antara alis) juga bisa menjadi pertanda ketidaksetujuan atau kebingungan,” tulis Navarro yang menjadi agen FBI 25 tahun.

2. Menyentuh leher

Apa artinya:

“Aku berjuang dengan sesuatu.”

“Aku stres dengan apa yang kamu katakan.”

“Saya prihatin dengan situasi ini.”

Jika seseorang menyentuh “lesung leher” mereka (indentasi yang terlihat di bagian tengah depan leher mereka), itu bisa berarti mereka tertekan atau tidak aman. Jika kamu melihat seseorang melakukan ini, cobalah berkomunikasi dengan lebih empati untuk membantu kenyamanan atau mengurangi kecemasan mereka.

Baca juga: Beda Budaya, Beda Bahasa Tubuh

3. Menggosok dada

Apa artinya:

“Aku tidak merasa percaya diri.”

“Aku bermasalah dengan sesuatu.”

“Aku sangat khawatir.”

Ini adalah tanda lain dari stres dan kecemasan. Jika seseorang menggosok bagian atas dada mereka dengan telapak tangan (atau bahkan hanya jari-jari), itu dapat menunjukkan ketidaknyamanan atau kekhawatiran.

4. Alis melengkung

Apa artinya:

“Aku senang bertemu denganmu!”

“Saya sangat terkejut.”

“Itu poin yang sangat menarik.”

Jika seseorang menyapa dengan alis melengkung, itu biasanya berarti mereka senang melihatmu. Ungkapan ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan pengakuan ketika seseorang menunjukkan poin yang baik dalam percakapan.

5. Kepala miring

Apa artinya:

“Saya tertarik dengan apa yang sedang terjadi.”

“Saya mendengarkan dan hadir sepenuhnya.”

“Saya setuju dengan apa yang kamu katakan.”

Pergerakan kepala bisa sangat membantu dalam menunjukkan apakah seseorang terlibat penuh atau tidak, terutama selama panggilan konferensi video. Kepala yang sedikit miring menunjukkan kesadaran dan perhatian. Dan, ketika dikombinasikan dengan beberapa anggukan, itu dapat menunjukkan persetujuan atas apa yang dikatakan atau didengar. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan