Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Alasan Lebih Sering Mimpi Buruk dan Tampak Nyata di Masa Pandemi

Ilustrasi. (dok. Medium)

Topcareer.id – Pandemi COVID-19 bahkan membuat tidur terasa tak tenang. Sebagian bunga tidur bahkan tampak begitu jelas hingga peningkatan insomnia, banyak orang yang kesulitan tidur sekarang. Apakah kamu mengalaminya?

“Ini masuk akal, karena kita terhubung untuk tetap terjaga dalam menghadapi bahaya. Dengan cara itu, normal untuk berjuang dengan tidur di semua jenis situasi sulit,” Jennifer Martin, psikolog klinis dan anggota American Academy of Sleep Medicine, dalam laman CNBC Make It.

 Profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran David Geffen di UCLA ini mengatakan, tantangan saat ini adalah bahwa ancaman pandemi global tidak begitu “nyata.” Seringkali ketika orang mengalami situasi stres, tidur mereka membaik ketika masalah terselesaikan. Tetapi tidak jelas kapan pandemi COVID-19 akan berakhir, dan hidup akan kembali normal.

Baca Juga: Susah Tidur Karena Cemas Corona? Ini Posisi Yang Baik Agar Nyenyak

Mengapa mimpi tampak begitu jelas

Martin mengatakan, pengalaman yang dimiliki, konten yang dikonsumsi, dan visual yang berinteraksi denganmu dapat memengaruhi mimpi malammu. Ini adalah konsep yang disebut “penggabungan mimpi,” dan itu terjadi ketika stimulus yang kamu temui dalam kehidupan nyata masuk ke mimpimu.

“Jika kamu menghabiskan 2 jam di depan media berita, atau akhirnya membaca tentang COVID-19 sebelum tidur, sangat mungkin hal itu akan muncul dalam mimpimu di malam hari,” kata Martin.

Di sisi lain, jika kamu terlibat dengan sesuatu yang lebih netral atau bahkan menyenangkan, tema-tema itu lebih cenderung hadir dalam mimpimu. Ada alasan lain mengapa mimpimu sangat nyata saat ini.

Baca juga: Pentingnya Tidur Nyenyak di Tengah Pandemi Corona

Sebagian besar mimpi terjadi pada tahap tidur yang paling ringan, yaitu “gerakan mata yang cepat” atau tidur REM (rapid eye movement sleep). “Untuk mengingat mimpi-mimpimu, sebagian besar waktu kamu  butuhkan untuk bangun selama mimpi,” katanya.

“Fakta bahwa orang mengingat mimpi atau mereka lebih jelas mungkin karena tidur mereka lebih terganggu secara umum,” katanya.*(RW)

Tinggalkan Balasan