Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kuasai Skill Super Penting Ini Agar Kamu Bisa Bertahan di Masa Pandemi

Dok. Storm-asia

Topcareer.id – Ya, COVID-19 memang menjungkirbalikkan dunia bisnis dan ekonomi. Tapi, tak bisa terus meratapi hal itu tanpa mengambil pelajaran berharga. Baiknya, pelajari keterampilan karier yang penting sehingga mampu membantumu tak sekadar bertahan di badai ini, tapi juga berkembang.

Roy Cohen, pelatih karier dan penulis terlaris “The Survival Street Professional’s Wall Guide,” berbagi dengan The Ladders tentang keterampilan karier yang sangat penting di masa pandemi ini.

1. Kemampuan beradaptasi

Cohen mengatakan kemampuan beradaptasi bukan hanya keterampilan karier tetapi strategi kehidupan umum. “Di dunia di mana perubahan terjadi pada kecepatan yang lebih cepat dari sebelumnya, kita semua harus mau, mampu, dan bahkan bersemangat untuk mengubah arah tanpa merasa kekurangan. atau marah,” kata Cohen dalam The Ladders.

2. Terorganisir

Berfokus pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan mendukung kemampuan untuk terus beradaptasi dengan dunia yang terus berubah. Kemampuan berorganisasi adalah keterampilan karier yang harus dimiliki yang membuat proses menghadapi perubahan tak terduga menjadi lebih lancar. “Ketika kamu melacak detail dan menyimpan catatan dan file, jauh lebih mudah untuk berputar,” kata Cohen.

Baca Juga: Tips Sukses Wawancara Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona

3. Kecerdasan teknologi

“Teknologi adalah kunci. Dan dunia tempat kami bekerja didorong oleh inovasi yang tidak dapat dibalikkan. Semakin banyak kamu tahu, semakin baik dirimu. Bahkan jika peramu tidak secara langsung berfokus pada teknologi, kamu setidaknya perlu menunjukkan bahwa kamu dapat berkembang di lingkungan berbasis teknologi,” kata Cohen.

4. Pola pikir yang berfokus pada solusi

Berorientasi pada solusi adalah keterampilan yang akan selalu membuat karier berkembang, terlepas dari situasi pekerjaan atau industri. “Kita semua harus berorientasi pada solusi agar tetap berharga sebagai karyawan. Bagi yang mencari pekerjaan, untuk membedakan diri kita dari semua kandidat lainnya. Perusahaan akan mempekerjakan dan mempromosikanmu ketika kamu membuat perbedaan.”

Baca juga: Cegah Corona: Bagaimana Meeting Efektif Saat Kerja dari Rumah?

5. Kemandirian

“Normal baru kemungkinan akan berarti bahwa banyak dari kita akan bekerja dari jarak jauh. Kami tidak akan memiliki akses ke banyak sumber daya dan alat yang kami miliki sebelumnya. Kita harus dapat menunjukkan bahwa kita memiliki banyak akal dan bahwa kita dapat melakukan pekerjaan kita secara mandiri sambil tetap berkolaborasi dengan kolega kita.”

6. Kesabaran

Jika kamu sedang dalam proses melamar pekerjaan atau berburu klien, jangan putus asa. Pandemi virus corona sangat memengaruhi banyak operasi bisnis, dan mungkin butuh lebih banyak waktu dari biasanya untuk mendengar kabar dari calon atasan atau pimpinan perusahaan. Jadi ini adalah kesempatan sempurna untuk melatih kesabaran.

7. Fleksibilitas

Pandemi juga telah mempengaruhi pasar kerja dan cara negosiasi berlangsung. Penting untuk diingat bahwa dalam iklim ini, lebih banyak fleksibilitas mungkin diperlukan.

“Ketika datang untuk menegosiasikan pekerjaan baru, berhati-hatilah untuk tidak mengendalikan proses. Di pasar ini dan untuk masa depan yang tidak terbatas kamu akan memiliki jauh lebih sedikit kesempatan untuk negosiasi.”*(RW)

Leave a Reply