Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tiga Jenis Karakter Rekan Kerja, Kamu yang Mana?

Ilustrasi

Topcareer.id – Membentuk aliansi di tempat kerja dapat membantu dalam perjalananmu menuju kemenangan. Untuk mencapai itu, kamu perlu mengetahui tipe-tipe rekan kerjamu seperti apa, atau bahkan musuhmu yang bisa diajak kerja sama.

Rebecca Hulse, seorang pembicara, penulis, fasilitator, dan konsultan bisnis merekomendasikan pendekatan berbasis kekuatan. Mulailah dengan memahami kekuatan supermu sendiri sehingga kamu dapat menemukan orang untuk melengkapi mereka.

Hulse mengambil satu halaman dari Joy of Business, untuk memecah tiga jenis rekan kerja yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan karier. Cari tahu yang mana dirimu, kemudian mulailah menerapkan konsep tersebut ketika mengerjakan berbagai proyek.

Tiga jenis karakter rekan kerja yang penting

1. Pencipta

Pencipta adalah pemimpi dan visioner. Mereka cenderung hebat dalam menghasilkan solusi. Tetapi mereka juga memiliki masalah dengan tindak lanjut dan mungkin kehilangan semangat ketika saatnya untuk mengeksekusi. “Seorang pencipta adalah orang yang selalu menghasilkan ide, tetapi tidak selalu tahu bagaimana melembagakannya,” kata Hulse, dalam laman The Ladders.

Baca juga: 5 Tanda Nonverbal saat Rekan Kerja Alami Kecemasan

2. Konektor

Konektor alami dalam membangun hubungan. Mereka mencintai orang dan memulai percakapan dengan mudah. Mereka cenderung unggul dalam peran penjualan. Dan salah satu kekuatan mereka adalah menyatukan orang yang tepat untuk berhasil melaksanakan suatu proyek. “Konektor tahu siapa yang perlu dilibatkan,” kata Hulse.

3. Penggerak

“Penggerak adalah orang yang tahu bagaimana cara berkoordinasi dan apa yang harus dilakukan agar suatu proyek berhasil,” kata Hulse. Penggerak adalah dalang operasional.

Mereka tidak selalu yang paling kreatif, tetapi mereka dapat menerjemahkan ide menjadi tindakan dan membuat rencana langkah demi langkah yang jelas untuk mencapai tujuan apa pun.

Baca juga: Rekan Kerja Paranoid karena Virus Corona, Bagaimana Menyikapinya?

Musuh di tempat kerja juga bisa membantu

Sekarang setelah kamu berpikir tentang sekutu di tempat kerja, kamu mungkin khawatir tentang musuh di tempat kerja dan dampak negatifnya pada karier. Jangan khawatir: Rekan kerja yang memusuhimu justru akan menantang kita untuk bekerja dengan giat dan benar- dapat memberimu kesempatan meningkatkan kemampuan, untuk bertahan dan membentuk pendapat sendiri.

“Ada kesalahpahaman umum bahwa kebahagiaan dalam pekerjaan berasal dari orang-orang di sekitarmu. Salah satu tempat terbaik untuk berlatih menciptakan sudut pandang independen adalah berada di sekitar orang-orang yang menantangmu atau memusuhimu, ”kata Hulse.

Berada di sekitar orang-orang yang dapat kamu percayai dan bersenang-senang akan menambah pengalaman sehari-hari. Tapi itu tidak akan membuat perbedaan besar dalam hal hasilmu.

“Pertemanan itu menghibur dan bisa memberimu banyak hal, tetapi ketika bekerja bersama, apa targetmu? Secara umum, ada hasil yang dibutuhkan,” kata Hulse.*(RW)

Leave a Reply