Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Lima Pekerjaan yang Selamat dari Invasi Artificial Intelligence

Dok. Digital Republic Recruitment

Topcareer.id – Meskipun masih tahap-tahap awal, kecerdasan buatan (artificial intelligence) perlahan mengubah cara kita bekerja. Di sisi lain, akan banyak berita soal kehilangan pekerjaan berskala besar, robot yang mengambil alih, dan konspirasi lainnya, yang mulai mengkhawatirkan tenaga kerja.

Karena perubahan tidak dapat dihindari dengan pekerjaan yang berevolusi dan didefinisikan ulang, karyawan harus mengalihkan fokus mereka untuk mengambil peran aktif agar tetap berhasil. Coba bekerja pada pengembangan keterampilan yang akan banyak diminati di masa depan. Berikut 5 pekerjaan yang akan selamat dari invasi AI di masa mendatang, seperti dalam laman Monster:

Profesional kesehatan

Mesin tidak akan mengambil alih beberapa peran untuk waktu yang lama, karena mereka memerlukan keterampilan emosional dan interaksi manusia. Profesional kesehatan sangat banyak dalam kategori ini di mana perilaku sopan yang baik adalah pelengkap keterampilan teknis.

Baca Juga: Robot Makin Populer Di China, Bantu Tenaga Medis Hingga Layani Para Lansia

Ada juga permintaan yang meningkat untuk petugas kesehatan yang peran utamanya adalah mampu mendukung dan berkomunikasi dengan pasien, dan melakukan tugas yang membutuhkan empati.

Guru

Pendidikan adalah industri lain di mana kebutuhan akan kecerdasan emosional membuat otomatisasi menjadi tidak mungkin. Keterlibatan manusia sangat penting dalam pendidikan anak-anak muda.

Baca Juga: Supermarket Di Jerman Pakai Robot Untuk Ingatkan Social Distancing

Guru mampu mendukung dan memotivasi siswa, menanamkan keterampilan sosial dan melihat potensi masalah perilaku atau pengembangan. Ini merupakan keterampilan yang tidak dapat ditafsirkan dan ditangani oleh mesin dengan tepat.

Penulis

Penulis harus membuat ide dan membuat konten asli dan menarik. Sementara AI dapat membantu proses dengan saran judul, proofreading cerdas dan pemindaian dokumen tertulis yang lebih cepat. Pekerjaan yang melibatkan kreativitas asli seperti menulis blog, buku atau film, masih akan diproduksi oleh manusia di masa mendatang.

Profesional sales

Keterlibatan hubungan mendorong profesional bisnis dan penjualan, membutuhkan kecerdasan emosi tingkat tinggi untuk memahami kebutuhan dan tantangan pelanggan. AI dapat berperan di sini dalam mengotomatisasi tugas-tugas yang lebih teknis, sehingga para profesional penjualan dapat fokus pada gambaran yang lebih besar.

Insinyur

Insinyur sangat mendasar bagi bisnis dan ekonomi, mereka akan selamat dari ancaman otomatisasi. Jika ada kegiatan perekrutan berjalan lancar dengan berbagai industri, mulai dari layanan arsitektur dan teknik untuk kedirgantaraan serta pertanian, maka ahli di bidang teknik terkait akan sangat dicari.*(RW)

Tinggalkan Balasan