Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Alasan Mengapa Ngobrol Lewat Video Terasa Melelahkan

Sumber foto: The Jakarta Post

Topcareer.id – Di tengah pandemi ini, melakukan video call menjadi hal yang cukup penting, entah dengan rekan kerja atau keluarga. Tapi, sebagian besar dari kita sudah mencapai titik kelelahan hingga stres akiba komunikasi virtual ini.

James Jarc, asisten profesor di Central Ohio Technical College yang berspesialisasi dalam media digital mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, obrolan video bisa sangat berharga jika dilakukan dengan benar.

“Salah satu masalah terbesar adalah tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik,” kata dia, dikutip dari CNBC.

Baca juga: Pandemi Corona, Ini Cara Umat Islam Sedunia Beribadah Selama Ramadan dan Idul Fitri

Jadi, mengapa obrolan video terkadang justru terasa melelahkan dan menyakitkan? Di sini, para pakar komunikasi mencoba menjelaskan.

‘Ada alasan mengapa tempat kerja tidak diisi dengan cermin.’ Menatap diri sendiri saat berbicara dengan orang lain melalui video call adalah sensasi yang bisa mengganggu.

“Itu akan (terasa) aneh,” kata Gretchen McCulloch, ahli bahasa internet dan penulis “Karena Internet: Memahami Aturan Bahasa Baru,” dalam CNBC Make It.

Baca juga: Asyik! Whatsapp Kini Bisa Video Call Hingga 8 Orang. Begini Caranya

Jarc menambahkan, kamu mungkin akan sering menemukan dirimu tergoda untuk membuat ekspresi berlebihan atau mengangguk untuk menunjukkan bahwa kamu memperhatikan. Atau menebus fakta bahwa kamu tidak dapat membalas saat itu.

Ia mengatakan, dibutuhkan banyak energi untuk bereaksi secara sengaja, itulah sebabnya mengapa obrolan video seringkali terasa melelahkan.

“Bagaimana cara kita terlibat untuk mengkomunikasikan niat kita, hubungan kita, dan bahkan nilai-nilai kita,” katanya. “Dengan obrolan video, semua hal itu benar-benar menjadi flat, itu menjadi tipis dan sering kali terlewatkan.”

Baca juga: Facebook Umumkan Fitur Video Call Baru, Saingi Zoom

Solusi yang diberikan McCulloch, jika kamu tidak bisa berhenti menatap diri sendiri, tutupi area layarmu dengan catatan tempel seperti sticky note atau post it. Beberapa platform juga memungkinkan  untuk menyembunyikan video tampilanmu sendiri.

Sedikit catatan, jika ini panggilan yang lebih informal, kamu dapat melakukan obrolan video saat menyiapkan makan malam atau melakukan tugas lain.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply