Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penderita Kanker yang Punya Pasangan Berpeluang Hidup Lebih Lama

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Kanker penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja. Namun, ada sedikit perbedaan antara penderita kanker yang memiliki pasangan dan tidak memiliki pasangan.

Memang, umur ada di tangan Tuhan. Akan tetapi sebuah penelitian berhasil mengemukakan bahwa sebuah hubungan dapat menjadi faktor penentu usia seorang penderita kanker.

Ini dijelaskan oleh sekelompok peneliti dari Dana Ferber Cancer Institute di Amerika Serikat yang menggunakan lebih dari 750 ribu penderita kanker sebagai objek penelitian. Penelitian ini menjadi salah satu penemuan penting dari Dana Ferber Cancer Institute dan dipublikasikan dalam Journal of Clinical Oncology.

Selain data medis, mereka memperhatikan tingkat sosial dan budaya masing-masing pasien. Hasilnya, ditemukan dua poin penting seperti dikutip dari Genius Beauty belum lama ini.

Baca juga: 7 Tanda Kanker Payudara pada Pria

Pertama, penderita kanker yang sudah menikah terhindar dari penyakit metastatik sebesar 17 persen dibandingkan mereka yang sudah ditinggalkan pasangan maupun yang masih lajang.

Kedua, pasien yang mengalami kanker prostat, kerongkongan, usus, otak dan leher memiliki kemungkinan sembuh lebih besar jika tinggal bersama pasangannya daripada hanya sekedar melakukan kemoterapi.

Ditambahkan, pasien kanker yang sudah menikah memperlihatkan keinginan yang lebih kuat untuk terus hidup.

Bersama itu pula, pasangan juga menjadi pihak yang aktif mengawasi berbagai hal yang harus dipenuhi oleh penderita, tentunya ditambah dengan unsur rasa peduli, cinta dan kasih sayang. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply