Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Tips Ampuh Usir Bau Mulut Saat Puasa

Ilustrasi. (dok. Health magazine)

Topcareer.id – Saat puasa, bau mulut kerap kali menjadi masalah bahkan dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri kita dalam berinteraksi.

Nah, untuk mengatasi hal itu berikut beberapa cara sederhana yang patut kamu coba agar bau tak sedap bisa jauh dari mulut kamu.

Bersihkan lidah
Kamu sering sikat gigi tapi masih bau mulut? Mungkin lidah menjadi penyebabnya. Ya, kebanyakan orang terkadang hanya menggosok di bagian gigi saja dan mengabikan area lidah. Padahal sisa maknana yang menempel dilidah itulah yang justru membuat aroma mulut kamu menjadi tak sedap. Jadi ketika menyikat gigi, pastikan kamu juga membersihkan area lidah kamu, ya.

Baca juga: Tips Diet Sehat selama Bulan Puasa

Minum teh hijau
Sudah tahu belum kalau di dalam teh hijau terdapat zat catechin, yang dapat menghilangkan gula dari plak gigi dan efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Meskipun begitu jangan mengkonsumsi secara berlebih, ya.

Berkumur air cengkeh
Nah, buat kamu yang suka cara alami, berkumur dengan air cengkeh patut kamu coba, nih. Beberapa penelitian menyatakan bahwa rebusan air cengkeh dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Untuk membuatnya kamu cukup rebus setengah cangkir cengkeh dengan air secukupnya selama setengah jam. Jika sudah kamu tinggal berkumur selama 60 detik setelah buka puasa dan setelah sahur.

Yogurt
Selain melancarkan metabolisme tubuh, ternyata kandungan yogurt dapat mengurangi kadar hidrogen sulfida atau senyawa yang dapat menyebabkan bau mulut. Bahkan ada yang menyebutkan mengkonsumsi yogurt tanpa gula efektif mengurangi bau mulut hingga 80%, lho. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply