Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Pandemi Corona, Kabin Kru Singapore Airlines Beralih Profesi

Kru kabin Singapore Airlines. (dok. ASR)

Topcareer.id – Pramugara terkemuka veteran Singapore Airlines (SIA) Mohamad Faidhi Mohamad Ruzli, selama 12 tahun masih melayani orang, hanya saja kini bukan di udara.

Dia telah menjadi duta perawatan di Rumah Sakit Umum Ng Teng Fong sejak 21 April. Sekitar 800 awak kabin SIA saat ini memanfaatkan keterampilan yang telah mereka pelajari di pekerjaan meraka untuk peran alternatif dalam membantu Singapura melawan wabah virus corona.

Selain membantu rumah sakit, mereka para pramugari dan pramugara pesawat juga telah ditugaskan sebagai duta transportasi di pusat transportasi umum.

Baca juga: Sejumlah Maskapai Penerbangan Terancam Bangkrut Mei Mendatang

SIA mengumumkan pada 25 April lalu perihal perpanjangan pembatalan penerbangan hingga akhir Juni 2020 di tengah pembatasan perjalanan di seluruh dunia.

Saat ini, SIA hanya memiliki penerbangan penumpang ke 15 tujuan, dibandingkan dengan lebih dari 130 tujuan pada hari normal.

“Menjadi awak kabin telah mengajari saya untuk bersikap proaktif dan sensitif sambil memberikan perhatian kepada orang-orang,” kata Faidhi, 32, “Sementara transisi pada peran baru saya lancar, saya selalu mengingatkan diri sendiri bahwa perawatan dan perhatian ekstra harus dipertimbangkan saat menangani pasien yang tidak sehat ini,” tambahnya

Peran non-klinis Faidhi antara lain membantu merawat pasien. Dia juga membantu perawat dengan tugas-tugas seperti memposisikan pasien di tempat tidur, mengambil tanda-tanda vital mereka, mencatat pesanan makanan dan melayani mereka dengan benar.

Dia mengakui bahwa perlu waktu untuk mengenal peralatan dan peralatan medis di troli darurat di bangsal. Faidhi juga sempat menangani pasien yang baru saja meninggal di hari keduanya bekerja membantu tim medis.

Baca juga: Penerbangan Sepi Karena Corona, Maskapai Potong Gaji Karyawan

Sementara itu pramugari penerbangan Sarah Liew, 23, yang telah bersama SIA selama hampir dua tahun, kini telah menjadi duta transportasi selama sekitar satu bulan.

“Saya menyarankan masyarakat umum untuk mematuhi langkah-langkah social distancing yang aman dan saya membantu dalam pengendalian kerumunan. Dalam peran ini, saya tidak hanya memastikan keamanan para penumpang tetapi saya juga membantu memberi saran tentang rute tercepat dan paling nyaman untuk sampai ke sebuah tujuan,” katanya.

Manajer penerbangan Irvin Ignatius Selvam, 48, yang telah bersama SIA selama 25 tahun, sekarang menjadi duta pelacakan kontak. Semua kru terus mempertahankan tingkat perawatan dan presentasi tertentu.

SIA Group telah berkomitmen untuk menyediakan setidaknya 300 duta peduli, 500 duta transportasi dan 150 duta pelacakan kontak, dan terus mencari jalan lain di mana karyawannya dapat membantu, kata juru bicara SIA.

Wakil presiden senior sumber daya manusia Vanessa Ng mengatakan: “Kami sangat bangga dengan awak kabin kami yang telah melangkah maju untuk mendukung garis depan Singapura di beberapa bidang. Semangat memberi kepada masyarakat berjalan tinggi dalam budaya SIA, seperti yang ditunjukkan dalam banyak cara di mana orang-orang kita telah bangkit untuk masa yang penuh tantangan ini. Kita berada dalam situasi ini bersama dengan seluruh warga Singapura untuk berjuang mengatasi Covid-19,” kata Vanessa. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply