Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Seberapa Sering Memandikan Peliharaan Saat Pandemi?

Ilustrasi. (dok. The Dogington Post)

Topcareer.id – Pandemi virus corona menyebabkan peningkatan kecemasan di antara pemilik hewan peliharaan karena ada beberapa kasus hewan peliharaan bisa terkena Covid-19.

Bahkan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sekarang merekomendasikan agar anjing, kucing, dan hewan lain mengikuti pedoman jarak sosial sebagaimana manusia.

Mereka yang memiliki hewan peliharaan pun dituntut untuk selalu menjaga kesehatan diri dan peliharaannya, termasuk soal mandi. Seberapa sering harus memandikan anjing peliharaan?

Baca juga: Cara Cegah Hewan Peliharaan Terkena Virus Corona

Dikutip dari CNBC, Dr. Sara Ochoa, dokter hewan berbasis di Texas, memberi tahu jika kamu memiliki seekor anjing (atau hewan peliharaan lain yang membutuhkan waktu di luar ruangan), tidak perlu mengenakan alat pelindung (misalnya, masker wajah atau penutup kaki) saat pergi ke luar.

Tetapi karena semua hewan dapat membawa kuman yang membuat orang sakit, dia mengatakan itu bukan ide yang buruk untuk mempraktikkan kebersihan hewan peliharaan yang baik dan membersihkan kaki mereka setelah kembali dari berjalan-jalan.

Namun, ia menambahkan, salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah menggunakan produk yang bisa beracun bagi hewan. Ochoa mengatakan dia merawat beberapa anjing dengan kulit meradang atau terinfeksi setelah pemiliknya menggunakan tisu desinfektan pada mereka.

Baca juga: Kerja di Rumah Ditemani Hewan Peliharaan Bagus untuk Kamu. Kenapa?

Menurut Humane Society of United States, kamu harus menghindari bahan-bahan seperti alkohol, pemutih, hidrogen peroksida atau senyawa kimia yang mengandung kata “fenol.”

“Sampo bayi yang lembut dan air akan membantu. Sama seperti protokol cuci tangan untuk orang-orang, cuci kaki binatang peliharaan selama 20 detik sebelum dibilas,” kata Ochoa.  

Dia juga merekomendasikan mengoleskan minyak kelapa pada kaki mereka jika merasakan gatal atau kekeringan.

Sejauh memandikan anjing, umumnya disarankan untuk melakukannya setidaknya sebulan sekali (meskipun frekuensi mungkin tergantung pada jenis bulu yang mereka miliki). Jika ragu, gunakan penilaianmu sendiri, jika mereka kotor atau mulai berbau, mungkin sudah waktunya untuk mandi. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply