Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bulan Ramadan Sering Boros? Coba Tips Ini untuk Mengelola Pengeluaranmu

Ilustrasi (Dok. AIM)

Topcareer.id – Bulan Ramadan secara tradisional adalah waktu di mana orang muslim banyak menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga. Sering mengadakan acara makan bersama otomatis menghabiskan lebih banyak uang dari waktu lain. Secara alami, pengeluaran pasti meningkat selama bulan Ramadan.

Cobalah ramadan kali ini kelola keuangan kamu dengan menabung.

Ada banyak cara di mana kamu dapat mengurangi pengeluaran dan masih bisa menikmati Ramadan. Dikutip dari Citibank.ae, mari lihat beberapa di antaranya:

1.Tetaplah sederhana
Ramadan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar manusia dan kesederhanaan. Sementara kamu merenungkan tindakanmu selama di bulan ramadan ini, praktikkan juga kesederhanaan dalam pengeluaran keuangan.

Daripada mengadakan jamuan berbuka puasa yang mewah, cobalah untuk lebih sering berbuka puasa di rumah dengan orang yang kamu cintai. Selain lebih berhemat, kamu juga mendukung langkah pemerintah untuk tetap berada di rumah dalam rangka menekan penyebaran virus corona.

Baca juga: Tips Agar Tubuh Tetap Prima selama Puasa Ramadan

2. Berpegang teguh pada rencana anggaran
Pastikan untuk tetap teguh pada anggaran yang sudah kamu atur saat berbelanja dan jangan menggunakannya sebagai alasan untuk membelanjakan hal lain.

Sebagai alternatif, jika kamu bisa, buatlah anggaran Ramadan secara terpisah yang mencakup semua pengeluaran yang perlu kamu lakukan selama Ramadan. Itu bisa termasuk biaya hadiah, pakaian, hiburan dan makanan, serta zakat.

3. Manfaatkan hadiah dan diskon
Selama Ramadan, pasar dibanjiri dengan hadiah dan diskon. Kamu mungkin bisa berburu penawaran Ramadhan pada produk pakaian, aksesoris, mainan, dll. Di masa pandemi seperti ini kamu bisa mengganti tempat berburu belanjaan kamu di online shop besar yang terpercaya. Di sana juga banyak promo dan diskon. Manfaatkan poin yang kamu miliki untuk menambah diskon pembelanjaan.

Baca juga: 4 Tips Tetap Produktif di Bulan Ramadan

4. Menabung untuk rencana perjalanan
Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, tidak dimungkinkan bagi kamu untuk pergi jauh apalagi untuk mudik. Jadikan ini kesempatan untuk tetap menyimpan anggaran yang selama ini sudah kamu siapkan untuk melakukan perjalanan jauh atau liburan. Kamu juga bisa merencanakan perjalananmu lagi untuk lain waktu.

5. Berlatih berhemat dalam hadiah
Sebarkan cinta dan kebahagiaan hari raya tanpa menghabiskan banyak uang atau membeli hadiah mahal. Cobalah membuat hadiah yang dipersonalisasi sendiri oleh kamu di rumah untuk kamu bagikan pada anggota keluarga. Selain tidak terlalu banyak menghabiskan uang, hadiah tersebut juga akan lebih bermakna bagi keluarga yang menerimanya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply