Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Buah Lontar Opsi Diet Sehat untuk Penderita Diabetes

Topcareer.id – Buah lontar sering dianggap sama dengan kolang-kaling, memang sekilas tampak sama namun berbeda. Buah lontar tumbuh di iklim yang sesuai di negara-negara Asia Tenggara seperti India, Srilanka, Kamboja, Vietnam, Malaysia, hingga Indonesia.

Selama musim panas, pohon-pohon ini berbunga. Banyak tempat di Asia Tenggara ditanam pohon ini. Di India dan Indonesia, tanaman ini sudah dibudidayakan.

Buah lontar jika dikonsumsi terutama yang muda rasanya mirip kolang-kaling terasa lembut, transparant, segar dan banyak mengandung air. Bedanya kolang-kaling berasal dari biji pohon aren dan harus diolah terlebih dahulu.

Dari segi manfaat kolang-kaling dan buah lontar memiliki kesamaan yaitu memiliki serat tinggi yang artinya baik untuk pencernaan.

Baca Juga: Ketahui Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes dari Ukuran Celana Jins

Dikutip dari Medindia.net, Rabu (6/5/2020) buah lontar yang dikenal secara global sebagai palmyra fruit, selain menyegarkan, memiliki nilai gizi dan manfaat bagi kesehatan seperti berikut ini:

Kaya akan mineral dan vitamin

Buah lontar adalah pilihan sehat bagi orang yang sedang diet atau menderita diabetes. Ini adalah sumber yang kaya vitamin B dan C, zat besi, seng, kalium, kalsium, fosfor, tiamin, dan riboflavin.

Baik untuk kulit

Merupakan obat yang sangat baik untuk biang keringat selama musim panas. Lapisan tipis jeli pada buah yang dioleskan di daerah yang terkena biang keringat memiliki efek menenangkan dan segera mengurangi rasa gatal. Selain itu juga efektif dalam mengurangi gejala cacar air dan meningkatkan laju penyembuhan. Dan juga bisa digunakan di kulit untuk menyembuhkan dermatitis.

Obat untuk masalah perut

Buah lontar sangat ideal untuk mengobati sensasi terbakar di perut. Selama bulan puasa, kolang-kaling baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini juga bisa mengisi kembali mineral dan nutrisi tubuh yang hilang. Selain itu juga bisa digunakan secara efektif untuk mengobati masalah pencernaan dan penyakit perut lainnya.

Opsi diet sehat

Buah lontar dan kolang-kaling merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang sedang diet karbo karena buah ini ramah terhadap diabetes. Buah lontar juga mencegah kekurangan gizi pada anak-anak dan orang dewasa.* (RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply