Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, May 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Hal di Rumah yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Sumber foto: Vietnam Times

Topcareer.id – Bersih-bersih rumah kadang terasa melelahkan, apalagi jika dilakukan secara menyeluruh. Namun, di masa pandemi ini, bersih-bersih rumah perlu dilakukan lebih sering. Ada beberapa bagian di rumah yang harus kamu waspadai setiap hari.

“Jika kamu membersihkan hal-hal ini setiap hari, maka akan mengurangi seberapa banyak pembersihan yang harus kamu lakukan secara teratur, dan ini hanya membutuhkan beberapa menit untuk dilakukan,” kata Melissa Maker, pendiri acara YouTube populer, Clean My Space.

1. Pintu masuk

“Pintu masuk depan sangat penting. Ini dapat memiliki efek besar yang memengaruhi apakah kamu merasa santai atau stres di rumah,” kata Maker, dikutip dari The Ladders.

Rapi dalam beberapa menit menurut Maker: Letakkan tas di tempatnya, tidak ditinggalkan di lantai; kunci kandang peliharaan, ganti dan letakkan makanan dalam mangkuk di meja pintu masuk kandang; gantung mantel; rapikan sepatu, dan gosok tikar dengan cepat atau sapu debu yang tidak terlacak.

2. lap dapur

Kebanyakan orang menggunakan lap piring untuk menyeka tangan mereka selama memasak dan membersihkan, kemudian menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan piring.

“Karena sebagian besar orang tidak mencuci tangan cukup lama untuk membersihkan bakteri, banyak bakteri dapat berakhir pada handuk. Jika kamu gunakan lap piring di dapur, gantilah setiap hari dan pastikan untuk mencucinya dengan air panas dan deterjen,” kata Linda Cobb, Queen of Clean.

3. Spons

Spons menampung semua jenis bakteri dan kuman jahat. “Para peneliti di USDA menemukan bahwa lebih dari 99% bakteri, ragi, dan jamur bisa dibunuh dengan me-microwave spons yang basah selama satu menit atau di tempat pencuci piring dengan siklus pengeringan,” kata Cobb.

Kamu juga bisa merebus spons selama lima menit, saran Maker. Adapun spons mana yang terbaik untuk digunakan, Maker menyarankan menggunakan spons busa. “Spons tradisional yang terbuat dari selulosa lebih rentan terhadap bakteri dan bau. Busa lebih sanitasi,” katanya.

4. Dapur & meja kamar mandi

Meja kamar mandi mudah kotor. Simpan botol semprotan dan kain mikrofiber di bawah wastafel, dan lap meja di dapur dan kamar mandi setiap hari. Wastafel juga akan kotor akibat kuman di dapur, dan sisa rambut dan produk di kamar mandi, jadi usap juga.

“Pastikan kamu menggantung pakaian sampai kering untuk mencegah jamur dan menyebarkan kontaminasi silang,” kata Cobb. Dia juga suka membersihkan gagang pintu kamar mandi dan lampu di area toilet, karena area ini dapat menampung banyak kuman dan bakteri.

5. Remote

Menurut Cobb, remote TV dan sebagainya ditutupi oleh kotoran dan bakteri. Bersihkan remote di akhir atau awal setiap hari. Ponsel juga harus dilap setiap hari. “Pikirkan beberapa tempat yang pernah ada di tanganmu ketika kamu menyentuh teleponmu,” tambahnya.

6. Bagian bawah dompet

“Dompetmu terletak di lantai di restoran, digantung di kamar mandi umum, duduk di konter di toko, dan kemudian kau letakkan di meja dapur,” kata Cobb.

Dia menyarankan menggunakan tisu lap bayi untuk menyeka bagian bawah dompet setiap malam untuk membersihkan kuman dan bakteri.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply