Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ada Jadwal Video Meeting Hari Ini dengan Klien? Jangan Lupa Dandan. Ini Sebabnya

Dok. Incarabia

Topcareer.id – Salah satu keuntungan bagi perempuan yang kini kerja dari rumah setiap hari adalah, bebas make up. Namun, studi baru meminta perempuan untuk mempertimbangkan gunakan riasan wajah saat panggilan video meeting.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Economic Psychology menemukan bahwa mengenakan riasan membuat mereka tampak lebih dapat dipercaya yang dapat menghasilkan lebih banyak uang.

Penelitian ini dilakukan oleh Angela Cristiane Santos Póvoa dari Universitas Katolik Pontifikal Paraná di Brasil yang melibatkan peserta laki-laki dan perempuan dalam permainan kepercayaan yang secara khusus mengukur kepercayaan.

Baca juga: 10 Aplikasi Penunjang Kerja dari Rumah karena Wabah Corona

Dalam studi itu, riasan wajah secara khusus yang diterapkan pada peserta studi untuk meningkatkan penampilan wajah dengan menyembunyikan ketidaksempurnaan mereka. Peserta dengan tata rias dianggap lebih dapat dipercaya, selain itu mereka juga diberi lebih banyak uang.

“Ketika orang yang terlibat dalam manipulasi visual menggunakan kosmetik, tidak hanya persepsi daya tarik meningkat tetapi juga atribut lainnya seperti persepsi kepercayaan, yang diterjemahkan menjadi wanita yang menerima transfer lebih besar dalam lingkungan kepercayaan,” tulis para peneliti, dikutip dari The Ladders.

“Kami juga menemukan bahwa efek ini bukan efek langsung, tetapi efek yang sepenuhnya dimediasi oleh kepercayaan. Efek ini terutama lebih menonjol di antara perempuan yang kurang menarik,” sebut para peneliti, penulis lain termasuk Wesley Pech, Juan José Camou Viacava, dan Marcos Tadeu Schwartz.

Apa yang sangat menarik tentang penelitian ini adalah fokus penulis pada “manipulasi visual” mengingat mayoritas kontak profesional saat ini dan untuk masa yang akan datang (karena pekerjaan jarak jauh akan menjadi norma yang mendominasi) akan dilakukan melalui layar dan media yang dapat dimanipulasi seperti filter.

“Oleh karena itu, kepercayaan adalah sesuatu yang orang dapat, sampai batas tertentu, berpotensi memanipulasi secara strategis dengan menggunakan sumber daya visual seperti kosmetik, filter foto (misalnya filter Instagram), dan lain-lain.”

Baca juga: Trik Kurangi Lelah Akibat Video Conference Setiap Hari

Sumber daya ini mungkin tidak hanya menghasilkan manfaat intrapersonal, seperti meningkatkan kepercayaan diri, tetapi mungkin juga meningkatkan efisiensi dalam interaksi interpersonal yang membutuhkan kerja sama, koordinasi, dan kepercayaan.

Namun, penelitian ini tidak mendorong perempuan untuk memakai make-up jika mereka tidak mau. Beberapa perempuan justru merasa lebih percaya diri tidak memakai makeup. Ini juga harus dilaporkan jika bos atau rekan kerja menyarankan agar kamu memakai make-up di tempat kerja.

“Kritik atas penampilan kita ketika kita melakukan banyak juggling dapat memengaruhi moral anggota tim mana pun, tetapi perempuan menerima kritik jenis ini dengan cara yang tidak proporsional, pandemi atau tidak pandemi,” Dr. Sanam Hafeez, seorang neuropsikolog dan anggota fakultas di Universitas Columbia. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply