Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Berpuasa Bantu Tubuh Atasi Berbagai Penyakit

Sumber foto: Novomed

Topcareer.id – Beberapa orang mengklaim bahwa menghindari makanan, atau berpuasa selama terinfeksi flu atau pilek bisa membantu tubuh untuk sembuh.

Puasa memaksa tubuh untuk mengandalkan simpanan energinya dalam mempertahankan fungsi normalnya. Pilihan pertama tubuh kamu untuk bertahan saat berpuasa adalah glukosa, yang sebagian besar ditemukan sebagai glikogen di hati dan otot.

Setelah glikogen kamu habis, yang umumnya terjadi setelah 24-48 jam, tubuh akan mulai menggunakan asam amino dan lemak untuk energi yang kamu perlukan.

Sejumlah besar lemak yang digunakan sebagai sumber bahan bakar akan menghasilkan produk sampingan yang disebut keton, yang dapat digunakan tubuh dan otak sebagai sumber energi.

Menariknya, satu keton tertentu, yakni beta-hydroxybutyrate (BHB), diamati bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

Para peneliti di Yale School of Medicine, Amerika Serikat mengamati bahwa sel-sel kekebalan manusia pada BHB dalam jumlah yang diharapkan, akan ditemukan dalam tubuh setelah 2 hari berpuasa. Ini akan menghasilkan respons berupa berkurangnya peradangan.

Selain itu, penelitian terbaru pada tikus dan manusia juga menunjukkan bahwa puasa dapat mendorong tubuh untuk mendaur ulang sel-sel kekebalan yang rusak, yang memungkinkan regenerasi sel-sel sehat.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply