Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Kementan Keluarkan Antivirus untuk Tangkal Corona

Sumber foto: Pertanian.go.id

Topcareer.id – Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan beberapa produk berbahan dasar eucalyptus yang diklaim mampu menangkal penyebaran virus corona.

“Hasil pengujian dari kandungan yang terdapat dalam eucalyptus ini efektif membunuh 80% sampai 100% virus, khususnya virus influenza H5N1, virus beta corona dan gamma corona,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Selain dapat menangkal virus, eucalyptus dipercaya dapat melegakan saluran pernapasan, menghilangkan lendir, mengusir serangga, disinfektan luka, penghilang nyeri, mengurangi mual, hingga mencegah penyakit mulut.

“Bahkan Balitbangtan membuat beberapa prototipe eucalyptus dengan nano teknologi dalam bentuk inhaler, roll on, salep, balsem, dan defuser. Kami akan terus kembangkan dengan target utamanya korban terpapar virus covid-19,” papar Mentan.

Kepala Balitbang Fajry Jufri menjelaskan, penelitian ini sebenarnya adalah hasil identifikasi melalui beberapa tanaman herbal dari jamu-jamuan seperti temulawak, jahe, jambu biji, dan minyak atsiri.

Setelah dilakukan uji efektivitas bahan aktif yang terkandung di dalamnya, eucalyptus diketahui bisa dikategorikan sebagai produk kekebalan tubuh dan tahan terhadap paparan virus.

“Kami sudah mencobanya ke paduan yang terpapar virus covid-19, dan hasilnya sangat baik. Namun untuk itu, kita masih harus menunggu untuk dapat didistribusikan,” kata Fajry.

Editor: Feby Ferdian.

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply